Sering lembur bisa membahayakan kesehatan jantung

Sering lembur bisa membahayakan kesehatan jantung
Sering lembur bisa membahayakan kesehatan jantung

Sering lembur bisa membahayakan kesehatan jantung – Bagi anda yang bekerja di perkantoran pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya lembur.

Apakah anda sering lembur dalam bekerja? Kalau iya anda harus segera menghilangkan kebiasaan tersebut. Karena hal ini bisa mengancam kesehatan dari jantung anda.

Memang sebagian orang yang pekerja keras ataupun tidak pintar mengatur jam kerja sering menghabiskan waktu di kantor untuk lembur.

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering lembur atau memiliki waktu kerja yang lama dalam sehari tidak baik untuk jantung. Karena ini menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

Dalam European Heart Journal disebutkan menghabiskan waktu terlalu lama di kantor dapat meningkatkan risiko terkena fibrilasi atrium. Ini adalah kondisi ketika serambi (atrium) jantung berdenyut tidak beraturan dan cepat.

Detak jantung yang tidak teratur apabila dibiarkan dapat menyebabkan stroke. Juga dapat melemahkan kondisi jantung serta henti jantung.

Bekerja jangan lebih 55 jam per minggu

Survei terbaru menyatakan orang yang bekerja lebih dari 55 jam per minggu memiliki risiko 42 persen lebih terkena fiblirasi atrium dibandingkan orang yang bekerja 35 – 40 jam per minggu.

Peneliti menyimpulkan bahwa jam kerja yang lama menjadi salah satu alasan di balik risiko terkena masalah jantung.

Untuk mengetahui apakah Anda terkena fiblirasi atrium atau tidak berikut terdapat beberapa gejalanya seperti mengutip laman Boldsky.

1. Jantung terasa berdebar tidak beraturan
2. Nyeri di dada
3. Sesak napas
4. Selalu merasa Kelelahan
5. Merasa pusing dan ingin pingsan

Gejala yang dirasakan biasanya sementara atau hanya berlangsung beberapa menit. Walau begitu, jangan abaikan gejala tersebut. Segera periksakan ke dokter untuk berkonsultasi.

Bekerja memang perlu. Namun, anda juga tidak boleh berlebihan atau biasa disebut ‘workaholic’. Anda juga harus peduli dengan kesehatan anda sendiri. Jadi, mulai sekarang susunlah jadwal harian anda dengan baik dan jangan sering-sering lembur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*