Pilihan Obat Tetes Mata Untuk Mata Anda Yang Kering

Pilihan Obat Tetes Mata Untuk Mata Anda Yang Kering
Pilihan Obat Tetes Mata Untuk Mata Anda Yang Kering

Seperti yang kita ketahui bahwa bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan cairan, tetapi mata juga membutuhkannya. Mata butuh aliran air mata dan kelembapan yang pas agar bisa bekerja dengan baik. Namun, faktor dari lingkungan, kondisi medis, penuaan, hingga masalah pada struktur mata bisa menghambat aliran air mata yang akhirnya membuat mata menjadi kering. Salah satu pengobatan yang dipercaya ampuh adalah dengan menggunakan obat tetes mata kering.

 

Image result for obat tetes mata

 

Berbagai Macam Pilihan Obat Tetes Untuk Mata Yang Kering

Kondisi mata yang kering dapat mengganggu penglihatan dan membuat anda menjadi kurang nyaman , namun anda tidak perlu panik, karena anda bisa segera mengatasinya dengan menggunakan obat tetes untuk mata yang kering. Namun sebelumnya, kenali terlebih dahulu obat tetes mata yang cocok untuk kondisi mata anda.

1. Obat tetes untuk mata kering dan pengawet

Pengawet dalam obat tetes mata bertujuan untuk mencegah timbulnya bakteri berbahaya dalam botol obat. Meski begitu, obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari empat kali sehari. Ada juga beberapa orang yang mengeluhkan efek samping berupa iritasi. Maka sebabnya hanya kondisi mata kering ringan yang bisa pakai obat tetes mata dengan pengawet. untuk ini anda juga perlu memperhatikan batas kadaluarsa pada kemasan obat tetes mata tersebut.

2. Obat tetes mata kering tanpa pengawet

Obat tetes mata tanpa pengawet lebih disarankan bagi anda yang mengalami mata kering kategori sedang hingga berat. Karena kondisi mata kering parah mengharuskan anda meneteskan obat lebih dari enam kali sehari.

Obat tetes mata kering tanpa adanya pengawet umumnya dikemas dalam tube yang sangat kecil. Setelah tube dibuka, obat ini biasanya akan segera kadaluarsa dalam waktu 1 atau 2 hari.

 

Apa perbedaan antara obat tetes untuk mata kering dengan dan tanpa resep dokter?

Ada beberapa kondisi mengharuskan anda membeli obat bebas dari apotek atau dari resep dokter. Berikut ini adalah perbedaannya :

1. Obat tetes mata yang di jual bebas (OTC)

Obat ini mengandung humektan (zat yang mampu menjaga kelembapan), pelumas, serta elektrolit. Pilihan obat tetes yang dijual bebas untuk mata kering bisa berupa gel ataupun salep.

2. Obat tetes mata dari resep dokter

Seperti namanya, obat tetes ini hanya bisa diperoleh melalui resep dokter mata. Cyclosporine adalah salah satu contoh obat tetes untuk mata kering dengan resep, guna membantu mengobati infeksi yang membuat mata kering. Aturan pakainya dua kali sehari dengan rentang 12 jam sesuai anjuran dokter.

 

Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih obat tetes mata kering

Obat tetes mata yang dibeli bebas atau dari resep dokter mengandung bahan yang berbeda-beda. Selalu konsultasikan kepada dokter atau apoteker anda untuk mendapatkan obat tetes mata yang sesuai dengan kondisi mata kering anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*