Pesawat Antariksa InSight Berhasil Mendarat, Menambah Catatan Bersejarah di Planet Mars

Wahana InSight Buatan NASA

Pesawat Antariksa InSight Berhasil Mendarat, Menambah Catatan Bersejarah di Planet Mars

Dari seluruh misi yang pernah di kirimkan menuju Planet Mars hanya sekitar 40 persen yang berhasil mendarat dengan baik di planet tersebut.

Hal ini dikarenakan sulitnya perjalanan yang menghadang di luar angkasa, namun proses pendaratan di planet merah tersebut tidaklah cukup sulit.

Sebab Mars hanya memiliki 1 persen dari Atmorsfer jika di bandingkan dengan atmosfer Bumi.

Sehingga tidak ada hambatan yang berarti saat melakukan pendaratan di sana.

Sama seperti pesawat antariksa Phoenix yang di luncurkan ke Mars pada tahun 2008 lalu.

Insight memiliki parasut dan roket retro untuk memperlambat penurunannya melalui atmosder, kemudian ketiga kaki yang dimiliki berfungsi menahan kejutan kuat saat menyentuh permungkaan.

Insinyur serta Arsitektur yang membangun InSight juga sudah memberikan fitur-fitur tambahan.

Bertujuan untuk menanggulangi badai debu yang kerap kali terjadi di Mars

Sekitar 20 menit sebelum terjadinya pendaratan, InSight terlebih dahulu di pisahkan dari panggung pelayaran yang membantu memberikan dorongan hingga membawanya ke mars.

Setelah itu InSight berubah bentuk hingga mendapat posisinya sendiri dan setelah itu masuk ke dalam atmosfer Mars.

Dikabarkan hari Senin (26/11/2018) kemarin tepat pukul 14.47 siang waktu AS bagian timur fase pendaratan dimulai.

Baca Juga : 5 Menu Makanan Mewah Yang Dulunya Merupakan Makanan Murahan

 

Kisah Perjalanan Memasuki Planet Merah

Wahana InSight

Wahana antariksa InSight berhasil memasuki atmosfer Mars dengan kecepatan 12.300 mil per jam atau setara dengan kecepatan 19.974 kilometer per jam.

Saat memasuki atmosfer mars, InSight sempat mencatatkan beberapa data, yakni suhu yang direkam oleh pelindung panas tercatat sebesar 2.700 derajat Fahrenheit atau sekitar 1.482 derajat Celsius.

Hawa panas ini berlangsung selama 2 menit saat InSight berusaha masuk ke dalam Mars. Di moment ini juga sinyal radio sempat terputus dari Statius Ruang Angkasa International.

Berhasil masuk, parasut pun di buka untuk memperlambat laju pesawat, perisai pun di lepas dan kemudian mengerahkah ketiga kaki InSight yang juga memiliki radar jarak dengan permukaan.

Mendapat sinyal, InSight melakukan putaran gravitasi untuk memastikan kaki berada di posisi yang benar agar bisa mendarat dengan baik.

Proses pelambatan untuk pendaratan juga sangat baik. Wahana ini melambat hingga 5 mil per jam setara dengan 8.04 kilometer per jam.

NASA melaporkan bahwa InSight secara resmi mendarat dan menyentuh permukaan Mars pada pukul 14.54 sore waktu AS bagian timur.

Tom Hoffman, Manager dari Proyek InSight mengatakan.

“Kami berhasil menyentuh atmosfer Mars pada kecepatan 12.300 mil per jam dan seluruh tahap urutan hingga menyentuh permukaan membutuhkan waktu kurang dari 7 menit.”

“Selama rentang waktu yang singkat itu, Wahana InSight harus secara otonom melakukan puluhan operasi dan berhasil mendarat dengan sempurna”. Ucap Hoffman dengan gembira.