Perawatan wajib Untuk Menjaga Kesehatan Vagina Anda

prioritasnews.com Perawatan wajib Untuk Menjaga Kesehatan Vagina Anda – Vagina adalah hal yang sensitif untuk wanita dan sangat beda dengan anda mencuci bagian tubuh yang lainnya.kami akan memberi sedikit Informasi yang salah tentang cara membasuh vagina bisa berujung gatal sampai berjamur pada area kewanitaan. Ketika vagina terasa tidak nyaman, biasanya wanita akan merasa seluruh tubuhnya jadi tidak nyaman juga.

Nah jadi bagaimana caranya membasuh vagina yang baik dan benar? Pastikan Anda menghafalkan cara berikut ini :

Harus Fokus Pada Area Di Sekitar Vagina

Walau vagina adalah arena yang sangat sensitif, misalnya vulva, membutuhkan bantuan agar bisa bersih, bagian dalam vagina bisa membersihkan dirinya sendiri. “Vagina memiliki mekanisme hebat untuk menjaga kebersihannya sendiri, dan dia juga memiiliki ekosistem sehatnya sendiri,” ini ujar dari Jessica Shepherd, MD, seorang ginekolog di University of Illinois di Chicago, AS.

Merasa Harus beli Sabun Khusus

Vagina memiliki kadar pH sekitar 3,5 sampai 4,5 . Dan ketika Anda menggunakan produk kebersihan seperti sabun mandi untuk mencuci vagina , yang biasanya memiliki pH sekitar delapan, hal ini bisa merusak keseimbangan vagina. Akibatnya, vagina jadi gatal, teriritasi, dan aroma yang tidak sedapseperti membau.

Gunakan sabun yang polos dan tanpa pewangi untuk mencuci daerah V dengan lembut setiap hari. Vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan menggunakan cairan vagina alami.

Sabun batangan adalah pilihan yang lebih baik dibanding sabun cair.kenapa ?Karna Sabun batangan memiliki kadar alkohol dan pewangi yang lebih sedikit dibanding sabun cair.

Coba Anda mewaspadai gejala gatal, kering, atau perubahan cairan keputihan, dan meningkatnya infeksi jamur. Hal ini adalah tanda-tanda Anda perlu mengganti sabun jadi yang lebih netral dan sesuai pH vagina. Membersihkan vagina secara berlebihan bisa menyebabkan gejala-gejala gatal, kering, perubahan cairan keputihan, dan infeksi jamur.

Bersihkan Cukup Sekali Sehari 

Untuk membersihkan vagina kurang dari sekali sehari saja, tumpukan keringat dan sekresi tubuh tidak akan hilang. Jika dibersihkan lebih dari sekali, hal malah mengganggu keseimbangan vagina anda.

Lebih baik bersihkan dengan handuk basah yang halus atau tangan. Jangan dengan yang lain karena bisa menyebabkan luka atau robekan dikulit. Hal ini bisa berujung infeksi dan meningkatnya risiko tertular penyakit menular seksual.

Mengenakan Celana Dalam Berbahan Katun

Pilihlah celana dalam dengan bahan katun untuk melindungi daerah vagina anda . Mungkin Anda menyadari bahwa sebagian besar celana dalam dilengkapi dengan strip tipis kain katun pada bagian selangkangan itu tidak bagus untuk daerah vagina. Menurut Mary Jane Minkin, bahan katun adalah bahan yang ideal untuk pakaian dalam wanita, karena katun dapat menyerap kelembapan dan memungkinkan kulit vagina untuk bernafas.

Menjaga Kebersihan Vagina Dengan Baik

Setelah anda buang air besar,Coba bersihkan area dari depan ke belakang, dan jangan lakukan dari belakang ke depan,hal  untuk menghindari kontaminasi bakteri vagina anda dan menurunkan risiko infeksi kandung kemih. Dan ganti pembalut atau tampon secara teratur selama menstruasi anda janga menggunakan pembalu terlalu lama . Bila Anda tidak sedang haid, jangan gunakan pembalut atau panty liner untuk menyerap keputihan normal, karena ini malah akan membuat vagina lembap dan memudahkan infeksi jamur pada vagina anda.