Menpora Perjuangkan Pencak Silat Tembus Olimpiade

Menpora Perjuangkan Pencak Silat Tembus Olimpiade
Menpora Perjuangkan Pencak Silat Tembus Olimpiade

Menpora Perjuangkan Pencak Silat Tembus Olimpiade – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bertekad dan terus mengupayakan agar pencak silat dapat dipertandingkan di Olimpiade. Untuk itu, mereka akan brusaha memenuhi berbagai persyaratan yang di berikan.

“Kita semua berharap supaya pencak silat bisa masuk dalam Olimpiade. Namun ternyata proses dan persyaratannya itu memang tidaklah mudah. Tapi kita tidak boleh patah semangat,harus terus berusaha,” kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, dilansir Antara.

Menurut dia, salah satu persyaratan agar pencak silat dapat dipertandingkan dalam Olimpiade, yaitu harus terlebih dahulu dipertandingkan dalam kategori cabang olahraga eksibisi pada ajang sebelumnya,setelah itu jika lulus baru bisa ikut dalam olimpiade..

“Sayangnya,untuk pencak silat masih belum terdaftar dalam cabang olahraga eksibisi Olimpiade 2020. Jadi, kemungkinan pencak silat belum bisa masuk Olimpiade dalam waktu dekat,” ujar Gatot.

Dia menuturkan pencak silat bisa saja diakui dalam Olimpiade Paris 2024 mendatang, tetapi dengan catatan harus ada 80 negara anggota National Olympic Committee (NOC) yang mengakui pencak silat.

Dari pengakuan 80 negara anggota NOC itu, usulan tersebut kemudian diteruskan kepada Kongres International Olympic Committee (IOC). Setelah itu, baru pencak silat bisa dipertandingkan di Olimpiade,” tutur Gatot.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*