Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat Campur Garam

Mungkin anda belum pernah mendengar terapi merendam kaki menggunakan air hangat dicampur dengan garam, jika kita merendam kaki kita menggunakan air hangat dicampur garam akan membuat kita jadi rileks dan juga bisa membersihkan kuman yang bersarang di telapak kaki. Berikut akan diulas beberapa manfaat merendam kaki dengan air hangat garam.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat Campur Garam

Merendam kaki ini termasuk refleksi pada kaki yang dapat membuat kaki menjadi lebih ringan. Manfaat refleksi kaki juga memang dipercaya dapat menghilangkan pegal-pegal, keran dan kesemutan. Dengan pencampurannya pada garam akan memberikan efek yang berbeda dan bercampur khasiat dari garam tersebut, dan beberapa manfaatnya antara lain sebagai berikut :

1. Untuk Menghilangkan Bau Kaki

Saat kita melepas sepatu, ada bau yang tidak sedap menguar ke udara. Ternyata bau tersebut berasal dari kaki kita. Keadaan ini sangat mengganggu, apalagi ketika berada di tempat umum. Orang di dekat kita bisa terganggu juga dengan bau itu. Jika mengalami masalah ini, resep merendam kaki dengan air hangat garam dapat dicoba.

2. Mengatasi Kulit Kaki Pecah-Pecah dan Kasar

Merendam kaki dalam air hangat plus garam dapat mengangkat kulit mati. Sehingga berefek pada kulit kaki yang segar. Utuk kaki pecah-pecah dan kasar, atasi dengan terapi ini. Akan tetapi sebagai tambahan gunakan juga minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun yang terkandung didalamnya dapat menghaluskan kulit sehingga kulit terhindar dari pecah-pecah dan kulit kasar.

3. Mengatasi Flu, Meriang, dan Batuk

Tiga penyakit tersebut dapat diatasi dengan merendam kaki di air hangat campur garam. Keringat yang dihasilkan saat proses perendaman membuat tubuh jadi segar dan sakit berkurang.

4. Melegakan Tenggorokan

Selain flu, rendam kaki dengan air hangat garam juga bermanfaat sebagai pelega tenggorokan.

5. Untuk Relaksasi

Ini yang sudah pasti. Baik berendam di air hangat atau air hangat garam memiliki efek serupa. Untuk hal serupa, manfaat yoga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih santai, yang baik untuk kesehatan juga kecantikan lebih terpancar.

6. Sirkulasi Darah Jadi Lancar

Air hangat yang dicampur dengan garam pun bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah. Tak hanya air hangat garam, tetapi juga air hangat biasa. Jangan lupa konsumsi juga umbi dewa, karena manfaat umbi dewa juga baik untuk melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh hingga ke otak.

7. Menghilangkan Kuman dan Bakteri yang Bersarang di Kaki

Segala macam kuman dan bakteri penyebab kaki bau, kaki kasar, dapat diatasi dengan merendam kaki menggunakan air hangat yang diberi garam.

 

Manfaat Rendam Kaki di Air Hangat

Air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, terlebih untuk pengobatan, bahkan dengan uapnya. Manfaat uap air panas yang bagus untuk kecantikan pada wajah juga menjadi salah satu daya tarik banyak orang melakukan perawatan kulit.

 

1. Mengatasi Nyeri Otot

Merasa pegal atau nyeri menyerang otot? Rendamlah kaki di air hangat untuk meringankan nyeri otot.

 

2. Membantu Meredakan Penyakit Sinusitis

Sinusitis adalah radang yang terjadi pada selaput/jaringan yang melapisi sinus. Penyakit ini dapat diatasi dengan cara merendam kaki di air hangat yang cenderung ke panas, bersamaan dengan itu kompres bagian belakang leher dan kepala menggunakan air dingin. Lakukan selama 10-30 menit, setelahnya barulah bilas memakai air dingin.

 

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Merendam kaki pada air hangat dapat membuat kita nyaman dan rileks. Sehingga gangguan tidur yang berupa sering terbangun malam, tidur tak nyenyak, dapat teratasi.
Meringankan Flu dan Sakit Kepala ; Merendam kaki selama sekitar 10-20 di dalam air hangat, bisa mengatasi sakit kepala dan flu yang menyerang tubuh kita.

 

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lancar membuat tubuh segar dan sehat. Pembuluh darah yang terbuka berguna untuk membuat peredaran darah jadi lancar.

 

Khasiat Garam Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mandi Air Garam.

Setelah seharian beraktivitas, badan akan terasa lelah. Cobalah mandi dengan air hangat plus garam untuk membuat otot yang kaku jadi lemas lagi, melancarkan peredaran darah, relaksasi, mengatasi badan pegal, bau badan, kulit gatal/iritasi, dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

 

2. Berkumur dengan Air Garam.

Anda mengalami bau mulut, sakit gigi, atau sakit tenggorokan? Berkumurlah dengan air garam. Untuk sakit gigi, air garam dapat mengurangi sakitnya sementara saja, jadi tetap perlu ke dokter gigi apabila tak kunjung sembuh.

 

3. Scrub untuk Wajah.

Untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit jadi sehat dan halus, dapat menggunakan scrub yang terbuat dari minyak zaitun atau minyak wijen sebanyak setengah cangkir yang dicampur dengan garam sebanyak seperempat cangkir.