Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Mangosteen fruit and cross section showing the thick purple skin and white flesh of the queen of fruits.

Tanpa kita sadari ternyata kulit manggis untuk kesehatan sangatlah banyak baik itu untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit yang umumnya sering kita temukan. Kulit manggis dapat dijadikan sebagai bahan obat alami yang sangat luar biasa untuk berbagai macam penyakit.

Perlu diketahui kulit manggis memiliki senyawa xanthone yang sangat banyak diproduksi dalam bentuk sirup untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya. Senyawa ini dapat mencegah diabetes, mencegah kanker, dan melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan sangat penting, beberapa diantaranya adalah untuk penyakit kritis yang belum ada obatnya yang menyebabkan kulit manggis dianggap obat yang paling banyak dicari di dunia medis sebagai obat tradisional yang ampuh tanpa efek samping. Kandungan xanthone di dalam kulit manggis inilah yang membuat ia menjadi fenomenal.

 

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Umum :

Manfaat kulit manggis dipercaya sangat banyak sekali, berikut adalah beberapa yang berhasil kami himpun dari berbagai pendapat masyarakat yang telah menggunakannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
2. Memperbaiki sel sel yang rusak
3. Membantu menurunkan berat badan
4. Membantu meringankan penyakit wasir
5. Menurunkan kadar gula di darah
6. Memperbaiki kerusakan syaraf
7. Membantu menyembuhkan luka
8. Berbagai manfaat yang terkandung dikulit manggis memang tidak dapat dipungkiri sangat besar sekali, kulit manggis dapat menjadi obat alami yang paling ampuh.

 

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Jantung

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan jantung ternyata juga sangat besar. Kulit manggis dapat menjadikan jantung kita sehat dan mencegah penyakit jantung yang berbahaya. Berikut manfaatnya untuk kesehatan jantung.

Khasiat kulit manggis juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, Memperkuat pembuluh darah, Membantu mencegah arteriosclerosis, dan menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat dalam darah). Dengan memanfaatkan kulit manggis kita dapat menggunakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping seperti halnya manfaat air kelapa dan herbal lainnya.

 

Manfaat Kulit Manggis Untuk Pencernaan

Manfaat kulit manggis ternyata juga dapat membantu pencernaan, pencernaan yang baik merupakan sumber kesehatan kita. Beberapa penyakit pencernaan akan menyebabkan masalah kronis seperti kanker usus dan rusaknya fungsi tubuh secara keseluruhan. Kulit manggis membantu pencernaan agar bersih dan dapat berfungsi normal.

 

Kulit Manggis Juga Memiliki Efek Samping

Obat herbal ini selain memiliki berbagai manfaat, tetapi juga memiliki efek samping, namun tidak begitu berbahaya untuk kesehatan manusia. Berikut daftar efek samping yang mungkin ditimbulkan pada saat konsumsi kulit manggis.

Beberapa Efek Samping Yang Ada Pada Kulit Manggis diantaranya adalah sebagai berikut :

Alergi ringan : Tipe alergi seperti kulit memerah, membengkak, gatal-gatal dan bersisik.
Alergi Berat : Seperti sakit kepala, nyeri sendi, dan mual.

 

Cara Membuat Ramuan Kulit Manggis

  1. Kulit manggis (2-3 buah) – Jumlah ini dapat disesuaikan kebutuhan
    Ambil bagian dalam, jangan ambil bagian luarnya yang keras.
  2. Blender kulit, dapat dicampur dengan susu, alpukat, dan coklat sesuai selera.
    Setelah halus, kulit manggis tersebut sudah dapat disajikan.

 

Apakah iklan ekstrak kulit manggis disarankan ?

Terlepas manfaat kulit manggis yang sangat luar biasa, banyak oknum yang memanfaatkannya dengan memproses ramuan ekstrak. Perlu diperhatikan setiap ramuan tersebut tentu memiliki kadar bahan kimia, apa pun alasannya lebih baik memilih yang alami daripada yang telah diolah oleh produsen tertentu. Jika terpaksa tidak ada salahnya, namun perhatikan kandungan kimia dan pengawet pada ramuan tersebut.

Demikian artikel yang dapat kami berikan, dan tetap selalu membiasakan diri anda untuk mengkonsumsi obat-obatan herbal. Salam hangat untuk kesehatan anda.