Manfaat Keju Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Keju Bagi Kesehatan
Sumber gambar : Wikipedia

Manfaat Keju Bagi Kesehatan – Bagi sebagian orang keju sangatlah dihindari karena dianggap berlemak dan banyak memiliki kandungan garam di dalamnya. Ada juga yang tidak menyukai keju oleh karena rasanya yang “aneh” dan kurang familiar di lidah masyarakat Indonesia.

Sebenarnya di dalam keju mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Untuk sebagiannya lagi ada juga yang sangat menyukai keju dan tidak jarang dijadikan sebagai cemilan. Bahan baku keju berasal dari susu hewan seperti sapi, domba atau kambing.

Masing-masing jenis keju memiliki kandungan gizi yang berbeda. Umumnya di dalam keju terdapat berbagai kandungan seperti vitamin A, B12, Forfor, Magnesiu, Ribolavin, Kalsium, Protein, dan seng (zinc). Semua itu merupakan nutrisi yang terbilang penting untuk tubuh manusia.

Sepotong keju yang beratnya 40gram memiliki kandungan kalsium setara secangkir susu / yoghurt. Selama dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan, keju dapat memberikan banyak sekali manfaat. Inilah beberapa manfaat keju yang perlu anda ketahui bagi tubuh.

  • Untuk seorang ibu hamil atau ibu yang menyusui.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber makanan dan nutrisi bagi sang bayi. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi susu dapat membantu pemenuhan nutrisi untuk bayi. Sedangkan untuk ibu-ibu yang hamil, disarankan untuk melakukan konsumsi keju yang memiliki tekstur keras seperti jenis cheddar, keju yang semi lembut di antaranya adalah mozzarella, atau jenis keju yang telah di melewati tindakan pasteurisasi.

Perlu diperhatikan juga bahwa ada beberapa jenis keju yang tidak boleh dikonsumsi oleh para ibu hamil karena cukup berbahaya dan bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri Listeria. Dalam kegiatan sehari-hari, konsumsi keju bisa dikombinasi dengan salad atau roti. Bisa juga dengan sup.

  • Manfaat keju bagi kesehatan gigi.

Terdapat penelitian yang berhasil membuktikan bahwa, di dalam keju ada bakteri yang dapat menguatkan struktur gigi. Sedangkan keju murni yang dibuat tanpa ada campuran gula juga dinilai dapat menambah kandungan fosfor dan kalsium di dalam enamel gigi untuk mengurangi resiko timbulnya gigi berlubang.

  • Bagi Kesehatan

Berdasarkan penelitian, apabila seorang anak dalam masa pertumbuhannya rutin mengonsumsi keju akan mempunyai tulang yang lebih padat dibandingkan yang tidak. Keju merupakan sumber kalsium yang dianggap lebih tinggi jika dibandingkan dengan vitamin atau suplemen.

Keju juga dianggap dapat melindungi tubuh dari resiko kanker, kegemukan (jika konsumsinya adalah keju rendah lemak dan dalam jumlah yang terbilang normal), serta serangan jantung juga bisa dikurangi resikonya.

Ada juga penelitian yang berhasil memperlihatkan jika kita memakan produk yang berasal dari olahan susu yang difermentasi, layaknya yoghurt dan keju, bisa memperkecil peluang terkena penyakit diabetes.

Akan tetapi ini masih hasil penelitian yang prematur dan masih perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam. Jangan lupa selalu konsultasikan terhadap dokter sebelum anda memutuskan untuk mengonsumsi keju, terutama untuk takaran porsi yang aman kita nikmati.

Demikian artikel mengenai Manfaat Keju Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga apa yang kami tulis ini bisa bermanfaat dan membantu anda dalam mencari referensi mengenai manfaat dari keju.

Sumber : Alodokter