Larangan Terbang Maskapai Indonesia Resmi Dicabut Eropa

Larangan Terbang Maskapai Indonesia Resmi Dicabut Eropa

Prioritasnews – Pada Kamis 14 Juni 2018 larangan untuk terbang ke Eropa resmi dicabut oleh European Commission yang mewakili wilayah tersebut. Sebelumnya terdapat beberapa perusahaan penerbangan Indonesia yang terkena blacklist oleh badan eropa (Safety List Uni Eropa), karena dinilai masih belum dapat dikatakan memenuhi standart yang mereka tetapkan.

Dilansir dari situs yang dimiliki oleh badan bersangkutan yaitu European Commission, europa.eu menyatakan bahwa perusahaan penerbangan dihapus dari daftar larangan terbang menuju Eropa. Tentu saja hal ini menjadi sebuah berita yang membahagiakan bagi kita. Bahkan Violeta Bulc yang merupakan pejabat bidang transportasi di komisi eropa juga turut senang atas apa yang telah dicapai dari kerja keras maskapai kita.

Pada 2007 lalu, semua perusahaan penerbangan yang dimiliki oleh Indonesia telah dimasukkan ke dalam daftar keamanan oleh Uni Eropa, hal itu didasarkan pada dasar keselamatan yang dianggap terabaikan.

Secara bertahap para pemilik perusahaan penerbangan berbendera Indonesia ini berupaya untuk keluar dari daftar tersebut agar mendapat izin untuk melakukan perjalanan langsung ke wilayah eropa. Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil dengan keluarnya seluruh maskapai dari “buku hitam” itu.

Sebagai informasi, hingga saat ini masih terdapat ratusan perusahaan penyedia jasa transportasi udara seluruh dunia yang masuk dalam daftar blacklist yang dibuat oleh European Commission untuk memasuki wilayah mereka.

Di antara semuanya ada 15 negara yang dianggap belum memenuhi standar keamanan yang disetujui oleh dunia internasional. Lima perusahaan di antaranya merupakan milik negara Iran, Surname, Zimbabwe, Nigeria, dan Irak. Tentu hal ini boleh membuat kita berbangga diri, dan menjadi bukti bahwa negara kita mampu bersaing dengan berbagai perusahaan penerbangan yang ada di negara lain.

Dari segi pendapatan juga dapat membantu para pemilik maskapai untuk mengembangkan usaha mereka yang ujungnya akan berimbas secara nasional terhadap perekonomian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Eropa Resmi Cabut Larangan Terbang Seluruh Maskapai Asal Indonesia”, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/14/192359926/eropa-resmi-cabut-larangan-terbang-seluruh-maskapai-asal-indonesia.

Penulis : Andri Donnal Putera
Editor : Kurniasih Budi