Kunci Rahasia Strategi Sukses Rossi Di GP Catalan

Kunci Rahasia Strategi Sukses Rossi Di GP Catalan

Kunci Rahasia Strategi Sukses Rossi Di GP Catalan – Dalam latihan bebas yang pertama kali diadakan dalam seri GP Catalan pada Jumat 15 Juni 2018 lalu, Valentino Rossi berhasil memperoleh catatan waktu yang tercepat.

Namun, pada sesi latihan ke dua The Doctor yang merupakan julukan dari pembalap besutan tim Yamaha Movistar ini hanya mampu mendapat posisi ke-11. Untuk itu Rossi merasa faktor penting dalam seri balapan Moto GP kali ini adalah pemilihan jenis ban.

Seperti dilansir oleh Crash.net , Rossi memberikan pernyataan bahwa dalam sesi latihan yang pertama ia berhasil mendapatkan posisi terbaik, namun setelahnya ia mulai coba mengkonsentrasikan pemilihan ban untuk mengetahui jenis ban apa yang mampu memberikan hasil terbaik. Akan tetapi nampaknya hingga saat akhir masih belum berhasil mendapatkan jenis yang paling tepat.

Sirkuit Catalunya yang baru dipoles dengan lapisan aspal anyar dianggap ikut berperan bagi dirinya dalam mencatatkan waktu terbaik terutama saat siang hari dimana temperatur jalan yang dilalui semakin panas.

Rossi berjanji akan bekerja lebih keras dan bergantung pada seleksi ban yang akan digunakan. Walaupun pembaharuan di sirkuit ini cukup baik, catatan waktu yang dihasilkan masih terbilang dekat dengan para pembalap lainnya.

Dalam tikungan yang dilakukan dalam kecepatan lambat, Rossi mengunggkapkan bahwa ia seringkali mengalami understeer. Oleh sebab itu, tim Yamaha yang menaungi dirinya harus bekerja keras untuk menentukan komposisi ban yang paling tepat karena memiliki pengaruh signifikan terhadap seimbang tidaknya kondisi motor dalam tikungan.

Baginya, pekerjaan yang harus ia lakukan bersama timnya adalah berusaha mendapatkan settingan motor yang seimbang dan juga memperhatikan pemilihan ban paling tepat untuk menunjang performa dirinya saat menunggangi motornya dalam balapan nanti.

Sebagai informasi, saat ini Rossi berada di posisi ke dua dengan selisih poin sebesar 23 poin dari pemimpin klasemen sementara yang dipegang oleh Marc Marquez. Tahun ini Rossi berusaha keras untuk bisa merebut gelar juara dunia dan memenangkan seri Moto GP. Para fans setia juga sudah sangat merindukan The Doctor ini menang seri Moto GP.

Sumber : Kompas Otomotif