Khasiat Telur Ayam Kampung Bagi Kesehatan

Telur ayam kampung mempunyai kandungan gizi yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita dan juga telur ayam kampung bisa difungsikan sebagai obat untuk mengobati penyakit, juga dapat difungsikan sebagai jamu kuat serta dapat digunakan atlit sebagai makanan pembentuk otot.

Adapun manfaat dan khasiat telur ayam kampung adalah sebagai berikut di bawah ini :

1. Sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Telur ayam kampung selain memiliki kandungan nutrisi yang banyak didalamnya, telur ayam kampung juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti : penyakit jantung koroner, batuk, kencing manis, maag atau usus besar, paru-paru, radang pada tenggorokan dan penyakit kuning. Adapun cara meraciknya adalah telur ayam kampung di campur dengan buah kenari yang telah di haluskan lalu ditambah dengan madu.

2. Telur ayam kampung dapat membantu mengurangi rasa lelah dan kecapekan.

Telur ayam kampung selain berkasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tetapi juga memiliki khasiat untuk mengurangi rasa lelah dan kecapean.

3. Telur ayam kampung sebagai bahan alami untuk kecantikan.

Telur ayam kampung dapat di gunakan sebagai bahan untuk mempercantik diri karena mampu melembutkan pori-pori kulit dan bisa mengencangkan kulit bahkan bisa mengurangi radang pada kulit.

4. Sebagai Bahan Perawatan Tubuh.

Telur ayam kampung selain dapat digunakan sebagai obat dan vitamin, tetapi juga dapat berkhasiat sebagai bahan untuk perawatan tubuh atau khususnya untuk perawatan rambut yang rusak.

5. Telur Ayam Kampung Sebagai Bahan Jamu.

Dengan mencampurkan telur ayam kampung dan madu sekaligus dapat menghasilkan kandungan selenium yang berkhasiat untuk pembuatan jamu kuat untuk pria berguna untuk meningkatkan kualitas sperma pria.

6. Telur Ayam Kampung Sebagai Vitamin.

Selain itu, kandungan nutrisi yang ada pada telur ayam kampung juga memiliki vitamin D yang berkhasiat untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Selain dari manfaat telur yang sangat besar khasiatnya seperti uraian diatas, masih banyak lagi manfaat telur sebagai bahan makanan yang dapat menyehatkan badan, namun yang perlu diketahui, telur juga mengandung kolesterol jika kurang tepat dalam penyajiannya.

Selain dari manfaat telur sebagai sumber makanan yang menyehatkan, telur ayam kampung juga dapat digunakan sebagai bahan kecantikan yaitu bahan untuk membuat masker yang berguna untuk menghaluskan dan meremajakan kulit.

Telur ayam kampung yang digunakan untuk bahan jamu lebih bagus di campurkan langsung tanpa dimasak namun jika ingin dimakan atau disajikan untuk keperluan lain lebih baik memasak telur pada kondisi setengah matang atau dalam memasak telur janganlah terlalu matang karena telur yang dimasak setengah matang akan mempunyai kandungan gizi yang utuh dan berbeda dengan telur yang dimasak sampai matang.

Namun ada juga sisi negatif jika mengkonsumsi telur mentah, karena telur yang dikonsumsi mentah/setengah matang akan sulit dicerna oelh tubuh. Hal tersebut dikarenakan telur mentah/setengah matang masih kuat akan ikatan proteinnya, dan mengakibatkan pencernaan akan bekerja lebih lama dalam proses mengubah menjadi asam amino.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, mengkonsumsi telur ayam kampung yang masih segar/mentah secara berlebihan/terus menerus mempunyai dampak negatif yang merugikan kesehatan, namun apabila ingin mengkonsumsi telur secara teratur sebaiknya telur tersebut dimasak terlebih dahulu.