Khasiat Sinar Matahari Pagi Bagi Penderita Diabetes

Sinar matahari pagi atau yang sebelum pukul 09.00 memliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Baik itu untuk anak-anak maupun untuk kaum dewasa. Sinar matahari diyakini menurunkan kadar kolesterol darah,  Sinar matahari diyakini menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan kualitas pernapasan, membuat tubuh menjadi lebih segar serta baik untuk kesehatan tulang.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengambil vitamin D dengan atau tanpa kalsium memiliki tingkat gula darah yang secara signifikan lebih baik. Vitamin D memiliki peran aktif dalam mengatur sel beta pankreas yang berfungsi untuk membuat insulin. Ada yang mengatakan juga bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium dapat memperlambat perkembangan diabetes tipe 2.

 

Image result for manfaat sinar matahari pagi bagi penderita diabetes

 

Bagaimana cara vitamin D mencegah diabetes ?

Suplemen vitamin D dianggap bisa membantu fungsi dari sel pankreas B, yaitu bagian tubuh yang menghasilkan hormon insulin. Beberapa penderita diabetes tipe 2 memiliki sel beta pankreas yang tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup untuk mengubah kadar gula darah, sehingga gula darah tetap tinggi dan menyebabkan hiperglikemia. Hiperglikemia yang terjadi terus-menerus menyebabkan penyakit diabetes terjadi.

 

Apakah vitamin D rendah dapat menurunkan sensitivitas insulin ?

Pada orang yang normal dan sehat, gula atau glukosa yang masuk ke dalam darah akan langsung didistribusikan ke sel-sel yang membutuhkan energi untuk metabolisme. Yang bertugas untuk mengubah gula yang ada di dalam darah adalah hormon insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas. Jika hormon insulin sangat sensitif, maka sel beta pankreas tidak perlu menghasilkan insulin dalam jumlah banyak. Namun hal itu tidak terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Oleh karena itu, penderita diabetes tipe 2 memerlukan jumlah insulin yang lebih banyak dengan cara menyutikkan obat insulin ke dalam pembuluh darah.

Diketahui bahwa vitamin D memegang peran penting untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Penelitian lain juga menyatakan bahwa jumlah vitamin D yang rendah di dalam tubuh bisa menurunkan sensitifitas insulin.

 

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh

Vitamin D juga membantu penyerapan kalsium dan menjaga jumlah kalsium dalam tubuh. Kalsium mempunyai peran penting dalam mengontrol hormon insulin, sehingga ketika kadar kalsium dalam tubuh menurun atau rendah maka hal ini akan berakibat buruk untuk sel beta pankreas. Gangguan pada sel beta pankreas akan menyebabkan penurunan jumlah hormon insulin dan menurunkan sensitivitas insulin.

 

Sinar Matahari Pagi Dapat Memperbaiki Sirkulasi Darah

Sinar matahari mapu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.