Khasiat Mengkonsumsi Putih Telur Untuk Kesehatan

Manfaat mengkonsumsi telur setiap hari, bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh. Namun sayangnya, menyantap kuning telurnya terlalu banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, sehingga telur juga terkadang sering dihindari oleh beberapa orang yang sedang mengidap penyakit kolesterol.

 

Telur untuk anemia

 

Namun putih telur juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, bahkan salah satunya dapat menghindarkan tubuh kita dari risiko penyakit jantung, dan penyakit yang menakutkan lainnya. Dan berikut adalah khasiat putih telur antara lain sebagai berikut :

 

1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Satu putih telur sama dengan empat gram protein. Wanita hamil yang mengkonsumsi lebih banyak putih telur akan mendapatkan cukup banyak energi. Putih telur juga dapat mencegah kelahiran bayi prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah.

 

2. Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

Menyantap satu butir putih telur rebus saat pagi hari akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Telur sangat tinggi akan kandungan protein yang akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

 

3. Membangun Otot Yang Kuat

Protein sangat penting untuk membangun otot yang kuat, dan protein tersebut dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi putih telur. Setelah berolahraga, pastikan untuk menyantap putih telur rebus. Cara ini akan meningkatkan massa otot tubuh, sekaligus menguatkannya.

 

4. Baik Untuk Saraf Dan Fungsi Otak

Putih telur mengandung kolin, sebuah nutrisi yang dapat membantu melancarkan proses metilasi atau proses pembentukan sel DNA. Selain itu, putih telur juga dapat memaksimalkan fungsi saraf dan otak serta membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

 

5. Mencegah Penyakit Kronis

Putih telur diperkaya dengan kandungan riboflavin yang diperlukan tubuh untuk mencegah sederet penyakit tertentu seperti katarak dan migrain. Selain itu, putih telur juga dapat mencegah beragam penyakit kronis seperti serangan jantung, demensia, dan penyakit tulang.

 

6. Tidak Mengandung Kolesterol

Putih telur tidak memiliki kandungan kolesterol, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menerapkan pola diet sehat. Tak hanya itu, menyantap putih telur saat sarapan juga diklaim dapat membuat perut kenyang lebih lama.

 

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Putih telur kaya akan kandungan kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Menggunakan masker putih telur secara rutin dapat menghindarkan wajah dari jerawat, komedo, dan wajah kusam. Bukan itu saja, putih telur juga diperkaya akan nutrisi baik yang sangat dibutuhkan untuk menjaga keelastisan kulit.

 

Demikian khasiat dari putih telur yang dapat kami jabarkan kepada anda. Semoga dengan artikel ini anda dapat menambah catatan harian anda dalam menjaga kesehatan tubuh anda setiap hari.