Khasiat Buah Strawberry Untuk Kesehatan

Buah Stroberi menjadi sumber yang sangat baik dan kaya akan vitamin C, serta mengandung cukup folat dan juga kalium. Buah stroberi dapat dikonsumsi mentah-mentah, tapi juga bisa diolah menjadi selai maupun minuman yaitu jus. Kandungan antioksidan pada buah strawberry dapat memberikan manfaat kesehatan bagi jantung, tak hanya itu, manfaat buah strawberry untuk kesehatan pun sangat beragam.

 

Image result for buah stroberi

 

Adapun berbagai macam manfaat buah stroberi antara lain sebagai berikut :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah stroberi merupakan sumber yang sangat baik akan vitamin C. Bahkan, satu porsi stroberi memiliki lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk. Vitamin C dapat memicu antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

2. Kesehatan Mata

Buah stroberi kaya akan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata lainnya. Menurut para peneliti dari Health & Science University Oregon, vitamin C dapat meningkatkan fungsi dan masa hidup dari sel-sel retina.

3. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Buah strawberry mengandung quercetin, yang merupakan flavonoid dan zat anti inflamasi alami yang telah terbukti dalam mengurangi risiko aterosklerosis. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Massachusetts, asupan quercetin bersamaan dengan melakukan olahraga teratur dapat mengurangi pembentukan plak aterosklerosis. Stroberi juga kaya vitamin C, yang memainkan peran utama dalam mencegah peradangan .

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan polifenol yang melimpah pada buah stroberi, membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk melindungi jantung anda dari penyakit. Strawberry mengandung anthocyanin ( antioksidan yang bertanggung jawab untuk warna merah ), yang dapat melindungi lapisan dari sistem peredaran darah, sehingga melindungi arteri dari penumpukan plak dan mengatur tekanan darah.

5. Membantu Mencegah Kanker

Buah stroberi merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan serat, yang keduanya dapat memberikan perlindungan dari kanker kerongkongan dan usus. Menurut American Institute for Cancer Research, sifat anti kanker dari buah stroberi dapat dikaitkan dengan adanya asam ellagic yang dapat mencegah kanker kulit, kanker paru-paru, kanker kandung kemih, dan kanker payudara.

6. Mengatur Tekanan Darah

Seperti yang telah disebutkan, stroberi mengandung anthocyanin, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membuat rileks lapisan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Buah strawberry juga kaya akan kalium, yaitu nutrisi yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anthocyanin, sebagai antioksidan utama, dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh yang disebut dengan adiponectin. Hormon ini dapat meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan anda. Selain itu air dan kadar serat yang dapat ditemukan dalam buah strawberry juga dapat membantu dalam penurunan berat badan.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah stroberi dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, mampu melindungi sel otak dari kerusakan yang disebabkan akibat radikal bebas. Antioksidan tersebut mampu mengubah cara neuron di otak berkomunikasi satu sama lain. Hal ini akhirnya mengarah kepada peningkatan kesehatan otak.

9. Mencegah Sembelit

Makan makanan yang tinggi akan kandungan air dan serat, seperti buah stroberi, buah anggur, buah semangka, dan buah melon dapat membantu anda tetap terhidrasi dan membuat buang air besar anda tetap teratur. Dimana serat sangat penting untuk meminimalkan risiko terkena sembelit.

10. Meringankan Gejala Alergi

Karena efek anti inflamasi dari quercetin, mengkonsumsi stroberi dapat membantu untuk meringankan gejala alergi, termasuk pilek, mata berair, dan gatal-gatal. Namun sampai saat ini belum ada penelitian manusia yang dilakukan untuk membuktikan teori ini.