Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan

Dizaman sekarang yang semuanya serba instant, menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan sehat adalah hal yang sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, sudah menjadi hal yang biasa bahwa buah-buahan sangat banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan yang berkhasiat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap selalu sehat. Salah satu jenis buah yang khasiatnya sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh kita adalah buah delima. Yaitu buah yang berciri khas memiliki bentuk yang bulat dan memiliki banyak biji yang kecil-kecil yang berada didalam daging buahnya ini terkenal akan kandungan vitamin dan antioksidan yang diyakini baik untuk perawatan kulit dan kesehatan secara alami.

 

Buah Delima biasanya ditanam sebagai tanaman hias , tanaman obat, atau tanaman buah karena buahnya yang dapat dimakan dalam keadaan segar. Selain itu buah delima juga sering dijadikan sebagai campuran rujak buah, salad buah, jus atau sari buah.

 

Di dalam buah delima diyakini mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita secara alami antara lain : asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, Vitamin A, Vitamin C, mineral ( kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, kalium, dan tanin. Berikut adalah beberapa khasiat buah delima yang mengagumkan bagi tubuh kita.

 

Manfaat Buah Delima

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat buah delima yang mampu memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah delima mampu membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan meminimalisir resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung.

 

2. Perawatan Gigi

Buah delima memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang diyakini mampu membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

 

3. Mencegah Kanker Prostat

Buah delima diyakini dapat membantu memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dan kanker prostat berulang

 

4. Stenosis Arteri Karotis

Mengkonsumsi buah delima secara teratur diyakini mampu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak jelas dipahami untuk kondisi seperti stroke.

 

5. Menghindari Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

 

6. Mengatasi Gangguan Perut

Buah delima juga berkhasiat untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Selain itu dapat membantu untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

 

7. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Buah delima membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh manusia. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi dalam buah ini. Kandungan senyawa antioksidan inilah yang membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab munculnya penyakit dalam tubuh.

 

8. Mencegah Osteoarthritis

Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.

 

9. Menurunkan Resiko Obesitas

Jika bagi anda yang sedang menjalankan program diet, anda disarankan agar bisa mencoba tips untuk mengkonsumsi air rebusan daun delima secara rutin. Karena manfaat daun delima bagi penurunan nafsu makan sangatlah besar. Sehingga hal tersebut tidak akan membuat anda mengalami peningkatan berat badan ( obesitas ) karena nafsu makan yang berlebihan.

 

10. Menormalkan Siklus Haid

Mengkonsumsi buah delima dapat membantu anda untuk mengendalikan siklus anda agar bisa rutin kembali. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan mineral alami, mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang dipercaya mampu menggantikan senyawa yang hilang saat anda mengalami menstruasi.

 

Untuk mendapatkan segala manfaat dan khasiat dari pada buah Delima ini, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah delima secara teratur. anda bisa mengkonsumsi dengan memakan secara langsung atau dibuat aneka jus atau dicampur dalam berbagai hidangan kesenangan anda.