Keuntungan Menerapkan Vegetarian Dalam Kehidupan Sehari-hari

Menjadi seorang vegetarian selain bertujuan untuk mengungkapkan patuhnya kita terhadap agama yang kita percayai, namun akan memberikan banyak manfaat baik juga bagi kesehatan tubuh kita , dan menjadi vegetarian adalah salah satu pilihan untuk memiliki hidup sehat. Gaya hidup vegetarian selain menyelamatkan satwa langka juga ternyata memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Dan apa sajakah keuntungan yang di dapatkan oleh seorang vegetarian?

 

Related image

 

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Pola makan vegetarian berarti mengurangi asupan lemak dengan kolestrol serta membuat tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dan vitamin. Saat seseorang sedang menjadi vegetarian secara otomatis asupan makanan berupa sayuran segar serta buah-buahan akan diserap cepat oleh tubuh. Nutrisi dan vitamin dari sayuran dan buah-buahan segar akan membuat tubuh lebih sehat dan bisa terhindar dari berbagai penyakit.

 

2. Kulit Lebih Sehat

Mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak mineral bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit. Dengan mengkonsumsi sayuran segar dan mentah, otomatis tubuh anda akan terhindar dari zat jahat yang biasa disebut dengan Advanced Glycation Endproducts atau AGEs. Senyawa jahat jenis ini biasanya akan muncul ketika makanan dimasak dengan suhu yang tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat tersebut menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut.

 

3. Mengurangi Berat Badan

Untuk menjadi seorang vegetarian memiliki keuntungan untuk menjaga bentuk tubuh. Selain itu jika banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak serat dapat melancarkan pencernaan. Buah dan sayur juga bisa menjaga perut agar tetap selalu kenyang lebih lama serta rendah kalori.

 

4. Dapat Menyehatkan Pikiran

Selain bermanfaat untuk tubuh, rajin mengkonsumsi sayuran lebih banyak akan berdampak baik untuk kesehatan dan juga pikiran. Sebuah penelitian ada juga yang menemukan bahwa asupan sayuran dengan jumlah yang mencukupi juga dapat menghasilkan banyak energi, ketenangan, perasaan bahagia, dan dampak positif pada suasana hati lainnya.

 

5. Mendapatkan Asupan Makanan Yang Bergizi

Pola makan vegetarian yang hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan menghindari segala jenis daging akan membuat tubuh akan jadi lebih sehat. Karena pola makan seperti ini akan mencegah kolestrol tubuh berkembang di dalam tubuh. Pada biasanya vegetarian akan mengganti asupan daging dengan kedelai. Kedelai sendiri memiliki protein yang tinggi dan tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan

 

6. Meningkatkan Hormon Seksual

Makanan nabati yang didapatkan dari sayuran atau buah-buahan seperti stroberi, kacang almond, ubi dan semangka dipercaya dapat memberikan manfaat meningkatkan libido dan hormon seksual pada tubuh. Bahkan ada penelitian menemukan bahwa bau tubuh seorang vegetarian diakui lebih menarik dan menyenangkan daripada mereka mereka yang sering makan daging.

 

7. Menghemat Uang

Daging hewan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sayuran dan buah-buahan segar. Sehingga selain mendapat manfaat kesehatan, seseorang yang memiliki gaya hidup vegetarian bisa lebih menghemat.

 

 

Langkah-Langkah Awal Menjadi Vegetarian

Jika saat ini anda sedang mempertimbangkan untuk menerapkan pola makanan vegetarian, jangan terburu-buru untuk menjalaninya. Pertimbangkan bagian mana yang benar-benar mampu anda lakukan. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat membantu memperlancar proses menerapkan pola makan vegetarian.

1. Kurangi asupan hewani secara bertahap, tingkatkan konsumsi makanan nabati setiap minggunya. Nikmati nasi dengan sup sayuran atau sayur tumis.

2. Cermat mencari pengganti daging. Dan buatlah satu resep favorit anda, tiap kali jangan selalu tambahkan daging. Bisa saja perbanyak jenis sayuran dan kacang-kacangan pada hidangan sup, dibandingkan menambahkan ayam atau daging. Atau bisa saja jika anda minat , sajikan tempe atau tahu goreng sebagai asupan protein.

3. Acara makan direstoran terkadang dapat menyulitkan anda yang menerapkan pola makan vegetarian. Jika terdapat pilihan mi, maka minta dengan campuran sayuran untuk anda. Jika diperlukan, minta sajian biasa namun dengan penyajian khusus, tidak menyertakan daging atau produk-produk lain yang anda hindari.

4. Cari menu dan resep vegetarian melalui internet atau buku. Pilih yang sesuai dengan selera anda. Jika semakin banyak jenis makanan yang anda konsumsi, maka semakin besar kemungkinan asupan nutrisi dapat terpenuhi.

 

Untuk menjadi vegetarian juga berarti anda harus memahami nilai-nilai gizi yang ada di dalam makanan yang anda konsumsi. Seimbangkanlah pilihan makanan anda untuk mendapatkan asupan gizi yang tepat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Salam sehat ^_^