Kebaikan Madu Bagi Kesehatan Manusia

Madu adalah sejenis cairan yang rasanya lebih manis dan kental, sekilas dapat dikatakan hampir sama seperti sirup. Madu dihasilkan oleh lebah, Rasa manis pada madu berasal dari adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang pada dasarnya merupakan perasa manis pada gula.

 

Selain sangat berguna bagi kesehatan, kebanyakan orang memakai madu untuk hal-hal tertentu seperti masker wajah, ada juga dipakai sebagai bahan olesan pada makanan yang hendak dipanggang atau campuran pada makanan karena rasa manis yang memang berbeda dari gula dan pemanis lainnya.

 

Berikut Beberapa Macam Kegunaan Madu Bagi Kesehatan

 

Image result for 12 khasiat madu

  • Sangat baik bagi ibu hamil

Khasiat madu bagi ibu hamil sangat banyak, di antaranya : membantu janin tumbuh dan berkembang dengan sehat, menguatkan janin, mengurangi rasa mual, memperkuat daya tahan tubuh selama kehamilan, mencegah ibu hamil terserang berbagai macam  penyakit, meningkatkan nafsu makan, memudahkan bab dan menambah tenaga

 

  •  Membantu mengobati beberapa penyakit

Madu dapat di gunakan untuk mengobati dan menghilangkan alergi, selain itu dapat juga dipakai untuk mengurangi batuk, panas dalam, sariawan, bibir pecah-pecah karena jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja dapat memerangi reaksi alergi.

 

  • Mengobati luka bagian luar

Berdasarkan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa madu sangat efektif digunakan untuk mengobati luka bagian luar. Dengan cara mengoleskan madu asli/murni yang belum di proses, maka luka akan cepat sembuh. Untuk menjaga luka agar tetap steril disarankan agar menutup bagian yang terluka tersebut.

 

  • Mencegah dan mengobati diabetes

Perlu di ketahui kombinasi dari fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Karena seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, rasa manis yang terdapat di madu berbeda dengan pemanis buatan maupun gula.

 

BACA JUGA : Rasa Es Cream Bisa Membaca Kepribadian Seseorang

 

  • Mencegah resiko terkena serangan jantung

Tidak hanya bermanfaat sebagai pencegah kanker, antioksidan pada madu juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung.

 

  • Mencegah penyakit kanker

Bagi anda yang rajin mengkonsumsi madu setiap hari akan sangat baik karena membantu mencegah diri dari serangan penyakit kanker karena Antioksidan yang terdapat pada madu dapat menangkal radikal bebas pada tubuh.

 

  • Meningkatkan daya ingat

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan daya ingat, maka madu merupakan salah satu solusinya.  Yaitu dengan mengkonsumsi madu setiap hari agar kedepannya ketika menjelang masa senja, daya ingat anda tidak akan turun secara drastis. Untuk itu saran kami minumlah madu +/- 1 sendok makan setiap hari.

 

  • Mengobati batuk

Senyawa dekstrometorfan pada madu ternyata dapat mengobati batuk yang menyiksa dan sangat mengganggu aktivitas anda. Apalagi jika anda mengalami batuk-batuk pada malam hari. Dengan meminum madu maka batuk anda akan berkurang bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

 

  • Membasmi bakteri dalam tubuh

Pada beberapa penelitian, madu sangat baik dalam membasmi bakteri yang dapat menyerang tubuh dan membuat tubuh sakit seperti E.coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa.

 

  • Meningkatkan Stamina

Tidak perlu diragukan lagi, madu adalah solusi yang terbaik untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh anda, selain itu madu juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Oleh karena itu pastikan nutrisi tubuh anda tercukupi agar stamina tubuh anda tetap terjaga.

 

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jika anda mengkonsumsi madu setiap hari maka dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena kandungan nutrisi  yang terdapat pada madu sangat tinggi.

 

  • Merupakan Sumber Nutrisi Yang Lengkap

Dengan mengkonsumsi madu setiap hari, maka khasiat dari madu akan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh karena kandungan madu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.