Mengunjungi Wisata Sejarah Kampung Vietnam Pulau Galang

Lukisan Manusia Perahu
Lukisan Manusia Perahu

Mengunjungi Wisata Sejarah Kampung Vietnam Pulau Galang – Di Pulau Galang terdapat sebuah tempat yang menyimpan sejuta kisah memilukan yang membuat para pengunjungnya seolah ikut merasakan penderitaan yang dialami para penghuni terdahulu pulau ini. Tempat tersebut bernama Kampung Vietnam.

Kampung Vietnam di Pulau Galang merupakan sebuah kamp pengungsian seluas 80 ha yang dibangun puluhan tahun lalu saat terjadinya perang saudara di Vietnam pada tahun 1975. Kampung ini di jadikan sebagai tempat pengungsian 250.000 orang Vietnam pada tahun 1979–1996. Mereka juga sering dikenal sebagai Manusia Perahu.

Lokasi Kampung Vietnam ini terletak tidak terlalu jauh dari Kota Batam, sekitar 50–60 km perjalanan darat memakan waktu sekitar 1,5 jam via Jembatan Barelang.

Jam operasional  : Senin – Jumat (07:30 – 16:30)

 : Sabtu, Minggu & Hari Libur (07:30 – 17:30)

Harga masuk        : Rp 5.000 per orang

 : Rp 25.000 per mobil

Banyak sekali peninggalan Pengungsi yang masih dapat ditemukan hingga saat ini, antara lain bekas bekas rumah, museum, tempat ibadah, Penjara, bahkan ada juga sebuah monumen yang dibangun oleh pengungsi–pengungsi dari Vietnam tersebut.

Mengunjungi Wisata Sejarah Kampung Vietnam Pulau Galang

 

1. Patung Humanity

Patung Ini Melambangkan Kemanusiaan
Patung Ini Melambangkan Kemanusiaan

Ketika memasuki kawasan wisata kampung Vietnam kalian akan disambut oleh sebuah patung yang bernama “Patung Humanity”. Konon patung ini dibuat untuk mengenang kisah tragis seorang perempuan bernama Tinh Han Loai. Ia bunuh diri akibat malu diperkosa sejumlah pria sesama pengungsi.

2. Pemakaman

Pemakaman Nghia Trang
Pemakaman Nghia Trang

Tidak jauh dari Patung Humanity kalian akan menemukan sebuah lahan yang dipenuhi sekitar 500 batu nisan di atasnya. Tempat itu merupakan rumah terakhir bagi para Pengungsi Vietnam. Para Pengungsi Vietnam banyak yang terkena penyakit Vietnam Rose. Vietnam Rose merupakan salah satu penyakit kelamin yang sangat berbahaya.

3. Rumah Ibadah

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam
Rumah Ibadah Kampung vietnam Pulau Galang

Di sepanjang jalan kita juga akan menemukan rumah – rumah ibadah dari berbagai agama. Sebagian dari mereka ada yang memeluk agama Buddha, Kristen, Katolik, bahkan ada juga yang beragama Islam. Rumah – rumah ibadah itu masih terawat dengan baik dan masih bisa digunakan untuk beribadah oleh wisatawan.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Datangi Di Akhir Tahun

4. Monumen Perahu

Perahu yang Digunakan Menyeberang Laut Cina Selatan
Perahu yang Digunakan Menyeberang Laut Cina Selatan

Dengan Perahu inilah mereka menyeberangi ganasnya Laut Cina Selatan hingga sampai ke Indonesia. Perahu tersebut berhasil ditarik ke daratan oleh Pemerintah Otorita Batam untuk diperbaiki dan dijadikan sebuah monumen untuk mengenang perjuangan dan penderitaan para pengungsi Vietnam selama mereka mengungsi.

5. Museum

Museum Seribu Wajah Kenangan Kampung Vietnam
Museum Seribu Wajah Kenangan Manusia Perahu

Dengan museum inilah sejarah keberadaan manusia perahu dapat diakui. Museum ini menyimpan seribu wajah kenangan mereka yang dulunya pernah mengungsi di Pulau Galang. Di dalam museum dapat ditemukan barang-barang sisa para pengungsi, seperti peralatan rumah tangga serta buku-buku cerita dan juga beberapa lukisan yang menggambarkan suasana perjuangan dan penderitaan yang mereka rasakan pada waktu itu.

6. Rumah sakit dan Penjara Kampung Vietnam

Rumah Sakit dan Penjara
Rumah Sakit dan Penjara

Hospital Galang Site II itulah namanya bekas bangunan rumah sakit yang masih menyimpan kotak – kotak dan botol – botol obat yang dibiarkan terbengkalai begitu saja, dan sebuah Penjara yang dulunya digunakan untuk menahan para pengungsi yang melakukan tindak kejahatan seperti mencuri, memperkosa bahkan membunuh.

Konon kedua tempat ini adalah bangunan yang angker dan penuh misteri di Kampung Vietnam. Memang suasana di tempat ini sangat sunyi dan mencekam. Sangat tidak disarankan untuk memasuki kedua bangunan tersebut.

7. Memberi Makan Hewan

Monyet dan Rusa hidup di Pulau Galang
Monyet dan Rusa hidup di Pulau Galang

Setelah puas berkeliling kalian bisa bersantai dan berfoto – foto untuk mengabadikan moment penjelajahan Kampung Vietnam. Kalian juga bisa loh memberi makan monyet dan rusa yang berada di sana, jangan khawatir bila kalian tidak membawa persediaan karna ada yang menjualnya di sana kok.

Bila ke Kota Batam jangan lupa mampir ke Kampung Vietnam ya sob. Disarankan kalau mau datang kesini pakai mobil ya sob, karna kampung Vietnam cukup luas bila ingin di telusuri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*