Ini Dia Kelemahan iPhone X Menurut Hasil Pengujian Consumer Reports

Ini Dia Kelemahan iPhone X Menurut Hasil Pengujian Consumer Reports – Consumer Reports melakukan pengujian pada iPhone X untuk membuktikan performanya sepadan dengan harganya yang mahal. Sektor kamera dan desain yang layar yang cerah patut diacungi jempol. Namun ponsel ini memiliki kelemahan bodinya yang ringkih dan baterai yang kurang awet.

Bagi yang masih bingung memilih ponsel dan tertarik memiliki iPhone X sebaiknya perlu mempertimbangkan hasil pengujian pada ponsel ini yang dilakukan oleh Consumer Reports. Ponsel spesial besutan Apple ini memang dibekali fitur-fitur baru yang belum pernah muncul pada iPhone sebelumnya. Sebut saja Face ID sebagai pengganti sensor pemindai sidik jari. Absennya tombol home juga tak membuat penggunanya lantas kagok karena akan bisa segera menyesuaikan dengan fitur face recognition.

Ini Dia Kelemahan iPhone X Menurut Hasil Pengujian Consumer Reports

Lalu iPhone X juga merupakan ponsel Apple pertama yang membawa layar OLED. Keunggulan layar ini adalah tampilannya yang sungguh cerah dan tetap nyaman dilihat dari berbagai sisi. Performa layar ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan iPhone 8 atau 8 Plus. Kelebihan lainnya adalah sektor kameranya yang memiliki performa sangat baik. Consumer Reports mengakui keunggulan kamera dari iPhone X baik untuk mengambil foto maupun untuk merekam video.

Baca juga : Ini Dia Harga Galaxy Note 8 di Indonesia

Consumer Reports lalu melakukan pengujian ketahanan dengan cara menjatuhkan ponsel dari ketinggian 5 kaki ke lantai beton. Pada pengujian ini iPhone X masih bertahan meskipun dijatuhkan hingga empat kali. Uji ketahanan berikutnya lebih berat dengan cara memasukkannya pada mesin yang akan memutar sambil melempar-lempar ponsel dari ketinggian 2.5 kaki. Dari tiga unit ponsel yang diuji, layar pada dua unit ponsel mengalami kerusakan setelah diputar sebanyak 50 kali. Untuk memperbaiki kerusakan semacam ini diperlukan biaya sebesar USD 280 atau lebih dari Rp3 juta. Sedangkan satu ponsel lainnya masih berfungsi baik setelah diputar 50 kali, namun ketika diputar 100 kali, panel belakangnya mengalami banyak retakan. Pengujian tumbling machine ini memang berat, tak hanya iPhone X saja, tetapi Samsung Galaxy S8 da S8 Plus yang bodinya terbuat dari kaca juga tidak bisa bertahan. Untuk ponsel semacam ini, disarankan selalu menggunakan casing pelindung.

Ini Dia Kelemahan iPhone X Menurut Hasil Pengujian Consumer Reports

Pengujian terakhir adalah keawetan baterai. Untuk urusan ini, iPhone X ternyata masih kalah jauh dengan Galaxy S8 dan S8 Plus yang bisa awet hingga 26 jam. Bahkan saudaranya, iPhone 8 Plus masih lebih baik dengan baterai 21 jam. Baterai iPhone X hanya bertahan hingga 19.5 jam saja.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Consumer Reports tersebut, jika ingin mengutamakan performa kamera dan desain yang keren, bolehlah merogoh kantong hingga USD 1,000 atau lebih dari Rp13 juta untuk mendapatkan iPhone X. Namun jika mengutamakan ponsel yang lebih tangguh, iPhone 8 atau bahkan iPhone 7 masih merupakan pilihan yang bijaksana. Dari keseluruhan pengujian, secara total nilai yang diraih oleh iPhone X masih di bawah duo Samsung Galaxy S8/S8 Plus dan Galaxy Note 8.