Informasi Tentang Kesehatan Mata

Informasi Tentang Kesehatan Mata

Informasi Tentang Kesehatan Mata – Mata merupakan salah satu panca indera manusia yang sangat penting dan esensial. Dapat dibayangkan apabila kita mengalami kerusakan mata atau kebutaan. Kita tidak dapat lagi menikmati dan merasakan betapa indahnya alam semesta ini.

 

Image result for gambar mata

 

Terbukti sering sekali kita lupa untuk melakukan perawatan mata, padahal seperti halnya bagian tubuh yang lain, mata bisa saja terkena gangguan atau masalah kesehatan. Gangguan tersebut dapat disebabkan salah satunya oleh udara yang tidak bersih, radiasi sinar matahari, radiasi akibat terlalu lama di depan komputer, dan gangguan-gangguan lainnya.

 

Gangguan kesehatan mata yang sering terjadi biasanya adalah menurunnya fungsi penglihatan, gejala mata merah, dan lain sebagainya. Terhitung sampai sekarang ini, penyakit mata yang banyak diderita adalah katarak, glukoma, dan infeksi.

 

Radikal bebas yang berasal dari sinar UV dan pencemaran udara, yang masuk ke dalam mata dapat menyebabkan terjadinya reaksi oksidasi senyawa rentan pada lensa mata.

 

Perkembangan Zaman Tentang Kesehatan Mata

 

Dengan berjalannya waktu sesuai perkembangan zaman karena kurangnya perhatian dan pengetahuan tentang dampak gizi terhadap kesehatan, khususnya kesehatan mata menyebabkan sekarang ini banyak di temukan informasi tentang kesehatan mata berupa produk-produk kesehatan untuk mata.

Sebagian besar produk-produk untuk kesehatan mata yang dijumpai sekarang ini berbentuk suplemen, makanan kesehatan, obat kesehatan.

Suplemen makanan, suplemen kesehatan, obat herbal, obat alami. Selain senyawa antioksidan (vitamin A, C, dan E) yang sebelumnya telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata, senyawa lain seperti lutein, zeaxanthin, dan astaxanthin, baru-baru ini diketahui sebagai senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

 

Beberapa Perawatan Untuk Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, alangkah baiknya kita menerapkan beberapa cara perawatan untuk kesehatan mata. Berikut beberapa informasi tentang kesehatan mata yang sangat penting yaitu :

 

  • Periksalah Mata Setiap 6 Bulan

Gangguan penglihatan mata yang tidak ditangani dengan cepat akan menyebabkan kerusakan mata yang semakin parah. Di sarankan sebaiknya anda menghindari memakai lensa kontak atau kacamata yang sudah tidak cocok karena dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

 

  • Kaca Mata Anti UV

Sinar ultra violet dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada mata. Untuk ini kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Jadi ketika membeli kacamata, pastikan kacamatanya yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.

 

  • Nutrisi Bagi Mata

Berdasarkan penelitian studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau setidaknya dapat memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh dan baik juga untuk mata.

 

  • Kurangi Penggunaan Cahaya

Bekerja menggunakan cahaya yang kurang dapat menyebabkan kelelahan mata. Tetapi dengan cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Untuk arah cahaya yang baik ketika anda bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja yang bercahaya lembut dari arah samping. Di sarankan untuk mengurangi tingkat keterangan (brightness) monitor anda. Untuk Warnanya online pharmacy no prescription memang jadi tak terlalu tajam, tetapi membuat mata akan menjadi lebih nyaman.

 

  • Istirahatkan Mata

Kebanyakan semua orang merasakan mata mereka menjadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 30% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menutup mata anda kemudian hitung sampai 10 sebelum membuka mata anda kembali. Saran lainnya adalah agak menjauh dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh. Lakukan hal ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

 

  • Lensa Kontak Yang Berkualitas Baik

Pilih lah lensa kontak yang mempunyai kualitas bagus karena tidak semua lensa kontak yang kita jumpai cocok dengan mata anda. Ada yang aman untuk mata anda, dan ada juga yang beresiko merusak mata.

 

  • Rawatlah Mata Jika Memakai Lensa Kontak

Sebenarnya lensa kontak tidak begitu menyusahkan, tetapi anda juga harus menjaga kebersihannya. Untuk itu setiap kali jika anda akan memakai atau melepaskan lensa kontak anda, bilaslah lensa kontak anda dan mengganti airnya dengan menggunakan cairan khusus untuk lensa.

 

  • Masa Berlaku Lensa Kontak

Ada orang yang berbiat menghemat dengan memakai lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah hal yang baik. Meskipun kulitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.

 

  • Gunakan filter monitor

Untuk mengurangi cahaya yang menyilaukan serta radiasi yang dipancarkan layar monitor, maka di sarankan unutk menggunakan filter glass monitor. Katakanlah pada vendor perlengkapan komputer anda untuk mendapatkan filter yang baik dan dapat mengurangi pengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.

 

Demikian yang dapat kami jelaskan beberapa informasi tentang kesehatan mata. Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda.

 

Baca Juga : Banyak Kegunaan Madu Bagi Kesehatan