Cara Menjaga Kesehatan Agar Bebas Penyakit dan Panjang Umur

Cara Menjaga Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan – Semua orang tentu saja ingin sehat dan panjang umur. Selain membuat diri nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari, tentu saja kita jadi lebih mandiri dan tidak merepotkan orang terdekat. Ini lah beberapa tips atau kiat yang bisa anda ikuti untuk menjaga kebugaran tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Agar Selalu Bugar

1. Perbanyak Konsumsi Vitamin D

Untuk kalian yang belum tahu, vitamin D sangatlah berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung, tulang dan sistem imunitas tubuh terhadap penyakit.

Oleh sebab itu, apabila anda ingin menjaga kesehatan agar bebas penyakit perbanyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan sarden, tuna, salmon, minyak ikan kod, tahu, tempe, telur, susu kedelai, udang, produk olahan susu. Bagi kalian yang terbilang memiliki aktivitas yang sangat sibuk bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen pengganti makanan. Tentu saja harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Sempatkan diri anda untuk melakukan olah raga secara rutin baik sebelum beraktivitas maupun setelah pulang kerja. Biasakan untuk melakukan olahraga yang tidak terlalu berat contohnya adalah lari pagi atau jalan santai. Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung, olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu anda untuk menjaga berat badan serta bentuk tubuh yang ideal.

3. Istirahat Teratur

Terkadang hal ini terbilang sulit dilakukan, entah itu karena deadline pekerjaan yang sangat ketat atau pun disebabkan oleh gaya hidup yang memang sudah terbiasa dengan tidur larut. Kurangi aktivitas anda yang tidak perlu dan cukupkan waktu istirahat anda. Waktu tidur yang dikatakan cukup adalah 8 jam, coba anda perhatikan lagi waktu tidur anda. Apakah selama ini tergolong cukup atau tidak.

4. Faktor Kebersihan

Ingat istilah kebersihan adalah sebagian dari iman. Selain itu juga kebersihan tentu saja sangat erat kaitannya dengan kesehatan, karena lingkungan yang kotor merupakan tempat favorit bagi kuman dan virus penyakit untuk berkembang. Perhatikan selalu kebersihan diri anda maupun lingkungan sekitar, biasakan untuk mengelola lingkungan aktivitas anda agar selalu terjaga dengan baik tingkat kebersihannya.

5. Jauhi Alkohol dan Narkoba

Untuk yang satu ini tidak bisa ditawar lagi, jika memang anda ingin selalu sehat dan memiliki umur yang panjang. Jangan sekali-sekali menyentuh kedua barang haram ini, karena bisa berakibat fatal baik jangka panjang maupun jangka pendek. Ditambah lagi narkoba adalah hal yang dilarang di Indonesia, jadi jauhilah alkohol dan narkoba agar hidup anda lebih baik dan sehat.

6. Makan Sayur-Sayuran

Sudah menjadi rahasia umum kalau sayuran itu mengandung banyak sekali zat-zat penting bagi tubuh. Sayuran hijau bisa membantu anda untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Biasanya juga sayuran itu kaya akan serat, sehingga bisa membantu anda melancarkan pencernaan. Selain itu juga bisa membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung, menjaga kesehatan kulit, berperan dalam membantu mengatur kadar gula darah, menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Oleh sebab itu biasakan untuk mengkonsumsi sayuran dalam pola makan anda setiap harinya.

Sumber :

  • https://manfaat.co.id/manfaat-serat
  • https://mediskus.com/nutrisi/10-sumber-makanan-yang-mengandung-vitamin-d-terbaik
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-menjaga-kesehatan-tubuh/