Berbagai Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Terkadang kita sering mengabaikan untuk merawat kesehatan mata kita sendiri walaupun bagian tubuh tersebut sangatlah berharga bagi kita. Padahal mata termasuk pada indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita. Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia kita, kitapun dapat mengkuti beberapa tips sehat untuk menjaga kesehatan mata kita, adapun cara-caranya beranekaragam diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Image result for kesehatan mata

 

1. Perbanyaklah Mengkonsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Wortel merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin A dan juga beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata kita. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

 

2. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Kita tidak diperbolehkan untuk menggunakan lensa kontak pada mata lebih dari 19 jam, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata secara permanen serta ketidaknyamanan pada mata anda sendiri. Dan anda juga dianjurkan agar tidak menggunakan kacamata terlalu lama jika tidak begitu diperlukan.

 

3. Jangan Menggunakan Obat Tetes Mata Jika Tidak Diperlukan

Jika menggunakan obat mata untuk sesekali boleh-boleh saja asalkan sesuai aturan dalam pemakaiannya, dan kita tidak dianjurkan menggunakan obat tetes mata jika tidak begitu diperlukan ( hanya untuk sekedar menyejukkan mata saja ) Karena didalam obat tetes mata terkandung beberapa zat kimia yang kegunaannya hanyalah untuk mengobati bukan untuk menyegarkan mata

 

4. Gunakan Mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

 

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

 

6. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah.

 

7. Kenakan kacamata di saat yang tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

 

8. Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

 

9. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

 

10. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

 

Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*