Berbagai Jenis Makanan Yang Baik Bagi Penderita Sakit Maag

Sesungguhnya, tidak ada istilah penyakit maag dalam dunia medis. Maag hanyalah istilah yang digunakan masyarakat untuk menggambarkan keluhan-keluhan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan (indigestion).

Misalnya keluhan sakit perut, mual, muntah, dada terasa nyeri seperti terbakar, kembung, begah, dan mulut terasa asam. Maka, maag sendiri sebenarnya bukan penyakit, melainkan gejala yang menandakan adanya penyakit tertentu.

Penyakit maag biasanya disebabkan oleh peradangan pada lambung manusia, infeksi, penggunaan obat-obatan tertentu, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, kafein, makanan pedas, merokok dan juga stres. Jika asam lambung tidak segera diobati, akan berakibat menyebabkan kehilangan banyak darah di lambung dan meningkatkan resiko mengembangkan penyakit yang berbahaya seperti kanker perut dan sebagainya.

Umumnya untuk pemilihan makanan bagi pasien penderita sakit maag bertujuan untuk meringankan beban pada saluran pencernaan dan menetralkan kelebihan dalam asam lambung.

Image result for makanan bagi penderita sakit maag

 

Ada beberapa makanan sehat yang sangat cocok untuk penderita sakit maag

1. Pisang Dan Melon

Pisang Dan Melon merupakan buah dengan tingkat keasaman yang rendah. Kedua buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasien dengan mulas karena membantu menstabilkan awal asam lambung. Selain itu, ada beberapa jenis buah-buahan lain dengan keasaman rendah seperti buah apel dan juga pir.

2. Jahe

Jahe merupakah salah satu jenis tanaman akar yang termasuk dalam obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah dengan pencernaan, termasuk mulas. Kupas, potong, dan parut jahe, lalu masukkan ke dalam air mendidih untuk diminum. Teh jahe adalah minuman yang efektif sebagai refluks anti-peradangan dan asam lambung.

3. Oatmeal

Makan semangkuk oatmeal sebelum memulai aktivitas dianjurkan untuk pasien dengan mulas. Ini karena oatmeal dapat menyerap asam lambung dan dapat mengurangi gejala refluks asam. Selain itu, oatmeal dapat menjamin asupan serat yang sehat untuk tubuh Anda.

4. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai ramuan alami dan juga obat maag. Aloe vera tersedia dalam bentuk suplemen, atau dapat dikonsumsi segera setelah dimasak. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mengurangi risiko sakit maag dan mencegah produksi asam lambung berlebih. Tanaman herba ini juga mengandung antiradang, antimikroba dan antioksidan.

5. Adas

Makanan untuk sakit maag yang satu ini merupakan bahan alami yang dapat dikonsumsi dalam bentuk salad. Cukup iris tipis adas, lalu campurkan dengan berbagai sayuran lain, seperti argula dan bayam. Tumbuhan adas aman dikonsumsi oleh penderita maag karena memiliki kadar keasaman yang rendah dan mampu meningkatkan fungsi lambung.

6. Seledri

Seledri hampir tidak memiliki kalori karena kandungan air yang tinggi dan merupakan pilihan yang baik untuk nutrisi jika Anda menderita asam lambung dan sakit maag. Selain itu, seledri juga dapat digunakan sebagai penekan nafsu makan dan merupakan sumber serat yang sangat baik.

7. Sayuran hijau

Makan sayuran dianjurkan untuk penderita sakit maag karena membantu mengurangi timbulnya asam lambung. Dianjurkan untuk memilih sayuran dengan kandungan asam rendah, seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kacang panjang, bayam dan mentimun.

8. Beras coklat

Karbohidrat kompleks hadir dalam beras merah, lebih lama dicerna di perut untuk membantu mencegah asam lambung.

9. Daging

Sebagian besar jenis daging, seperti unggas dan ikan, dapat dikonsumsi bahkan jika Anda menderita sakit maag. Pilihan daging terbaik untuk penderita maag adalah daging tanpa lemak. Hindari mengolah dengan menggoreng. Pengolahan daging dengan memanggang atau memasak yang terbaik untuk pasien dengan sakit maag.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*