BepiColombo Meluncur, Kru Akan Mendarat di Merkurius Pada Tahun 2025

BepiColombo Merkurius 2025
Pesawat Antariksa BepiColombo Berhasil Mengudara
BepiColombo Pesawat Antariksa Dengan Misi Menuju Merkurius Berhasil Lepas Landas.

 

BepiColombo Pesawat Antariksa Yang Akan Mendarat di Merkurius Tahun 2025

 

Untuk ketiga kalinya misi perjalanan menuju merkurius diadakan. kali ini tim gabungan Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Badan Antariksa Jepang (JAXA) yang mengambil alih. Dengan menggunakan pesawat angkasa buatan Inggris, BepiColombo.

Perjalanan menuju merkurius ini bertujuan untuk meneliti struktur permukaan, meneliti kandungan material planet dan jejak permukaan Merkurius.

BepiColombo berhasil meluncur dengan baik pada hari Sabtu 20 Oktober 2018 kemarin. Pesawat ini mengudara menggunakan roket terkuat milik ESA yakni Ariane 5.

Misi antariksa yang memakan biaya lebih dari Rp. 27 Triliun ini akan memakan waktu kurang lebih 7 Tahun. Dan di perkiraan BepiColombo akan mendarat di merkurius pada tahun 2025.

Baca Juga : Pemeran Gundala Akan Segera di Perkenalkan di Indonesia Comic Con 2018.

 

BepiColombo Merkurius
Planet Merkurius

BepiColombo Perjalanan 7 Tahun ke Merkurius

Setelah berhasil mendarat ESA dan JAXA akan menurunkan robot penggali mereka masing – masing 1 buah. Peneliti dari Mercury Planetary menjelaskan bahwa Merkurius adalah Planet yang kecil dan dekat dengan matahari.

“Jika bisa terbang lurus langsung ke arah Merkurius maka waktu yang di butuhkan hanya beberapa bulan saja. akan tetapi kalian tidak akan pernah bisa berhenti karena gravitasi matahari akan secara langsung menghisap kalian”.

Maka dari itu di buatlah rute penerbangan yang paling memungkinkan para awak atau kru dapat mendarat dengan waktu tercepat dan selamat.

Dalam penerbangannya, BepiColombo akan melintasi Bumi sekali, Venus dua kali dan Merkurius enam kali dan baru lah mendarat. Suzzane Imber juga menjelaskan bahwa panas planet tersebut mencapai 450 derajat celcius. Sedangkan dinginnya bisa mencapai -180 derajat celcius.

Selain misi perjalanan yang luar biasa, pesawat yang dipakai para awak antariksa pun juga penuh dengan fitur – fitur canggih. BepiColombo memiliki fitur propulsi ion listrik yang akan ditembak dalam rentang waktu dua kali dalam satu interval.

Baca Juga : Kisah Anak Muda Bermodal Rp 800.000 Bisnis Nugget Pisang.

Tujuannya adalah memancarkan sinar gas xenon bermuatan listrik untuk mempercepat laju pesawat. Serta sebagai alat rem agar tidak terhisap oleh gravitasi matahari yang bertekanan tinggi.

Sebelum berangkatnya pesawat antariksa BepiColombo, penerbangan menuju merkurius juga sudah pernah dua kali di lakukan oleh manusia.

Yang pertama adalah pesawat mariner 10 buatan NASA yang berhasil mengitari planet sebanyak tiga kali pada tahun 1974 – 1975. Dan yang Kedua adalah pesawat bernama Messenger yang berhasil mengorbit di planet tersebut antara tahun 2011 sampai 2015.