Beberapa Jenis Makanan Yang Bagus Bagi Kesehatan Otak

Beberapa Jenis Makanan Yang Bagus Bagi Kesehatan Otak – Otak adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Dimana otak bekerja mengendalikan semua yang akan kita lakukan.

Mulai dari gerakan, pikiran, menyimpan semua ingatan, menjaga keseimbangan hormon, mengatur pernapasan dan banyak hal lainnya lagi.

Otak merupakan organ tubuh yang paling banyak memerlukan energi, bayangkan saja tanpa anda sadari ketika tidur otak tidak berhenti bekerja.

Oleh karena itu makanlah makanan yang bisa mempengaruhi kinerja otak.

Agar otak berjalan dengan baik dan lancar konsumsilah makanan yang berguna untuk kesehatan otak.

Jika otak berfungsi dengan baik maka pertumbuhan dan perkembangan tubuh juga bagus.

 

Beberapa Jenis Makanan Yang Bagus Bagi Kesehatan Otak

 

Berikut akan kami beritahukan beberapa jenis makanan yang bagus bagi kesehatan otak yaitu

  • Sayuran Segar

Sayuran sangat bagus bagi kesehatan otak dan tubuh, tetapi di sarankan sayuran yang masih segar karena dalam sayuran segar banyak terkandung vitamin, karbohidrat dan antioksidan.

  • Ikan

Jenis ikan yang di ketahui baik untuk kesehatan otak adalah ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna. Tetapi bukan berarti ikan yang lainny atidak bagus untuk kesehatan otak.

Yang terpenting pilihlah ikan yang masih segar tentunya, karena di dalam ikan mengandung omega 3, asam lemak , dan mengandung vitamin A, D, E dan K.

  • Susu

Minumlah susu 1 gelas setiap hari karena susu kaya akan kalsium, kalium, vitamin D dan protein yang bagus untuk pertumbuhan tulang, sistem saraf dan otot tubuh lainnya.

  • Telur

Telur juga bagus untuk kesehatan otak karena memiliki kandungan protein yang tinggi, selain itu mengandung kolin yang berguna untuk mempertajam ingatan.

  • Buah Alpukat

Alpukat selain banyak di gunakan orang sebagai bahan untuk menjalani program diet, ternyata alpukat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

Karena alpukat mengandung Vitamin E dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan otak

  • Gandum

Gandum juga bagus untuk meningkatkan kinerja otak, dimana di dalam gandum terdapat kandungan kalsium, zat besi, mineral, Vitamin A, E, B6 dan saponin.

  • Kacang – Kacangan

Semua jenis kacang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Contohnya Kacang merah, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan banyak lagi yang lainnya. Karena kacang banyak mengandung karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi.

  • Daging

Daging juga mempunyai peran penting untuk pertumbuhan otak. Untuk itu pilihlah daging yang segar. Dan jangan lupa untuk membatasi jumlah pengonsumsiannya. Karena jika berlebihan dapat menyebabkan kolestrol.

  • Air Putih

Disarankan setiap hari minum air putih minimal 3 liter, karena tubuh perlu air yang cukup agar semua fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Jika tubuh kekurangan cairan maka otak akan bekerja sangat lelah, bahkan dapat menyebabkan sakit kepala.

  • Buah – Buahan

Buah seperti ceri, strawberi, blueberry sangat bagus untuk kesehatan otak dan dapat meningkatkan daya ingat. Karena banyak mengandung antioksidan yang akan membantu sistem kinerja otak.

 

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Badan Agar Selalu Fit