Apakah Itu Depresi, Gejala, dan Cara Mengatasinya?

Pengertian Depresi

Depresi adalah kondisi yang disebut juga dengan depresi berat atau depresi klinis. Depresi juga bisa digambarkan sebagai suatu kelainan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan resah yang tidak ada hentinya.

 

 

Depresi dapat mempengaruhi perasaan Anda, cara berpikir dan cara perilaku anda, serta dapat membuat Anda memiliki berbagai masalah emosi dan fisik. Jika rasa sedih berlangsung dalam beberapa hari atau minggu, mengganggu pekerjaan atau kegiatan lain dengan keluarga atau teman, atau berpikir untuk bunuh diri, kemungkinan ini adalah depresi. Diskusikan dengan dokter Anda jika Anda merasakan gejala depresi.

 

Apa saja tanda-tanda dan gejala depresi?

Depresi adalah kondisi yang dapat menimbulkan bermacam macam gejala pada setiap orang. Contohnya, saat menderita depresi beberapa orang akan tidur lebih banyak, sementara gejala lainnya bisa menimbulkan gejala sulit tidur dan tidak nafsu makan. Meski begitu, terdapat beberapa gejala yang umum terjadi, seperti :

  1. Sulit konsentrasi
  2. Merasa sedih atau kosong
  3. Kehilangan minat akan hal-hal yang menggembirakan
  4. Merasa masa depannya tidak akan baik atau putus asa
  5. Merasa tidak berenergi
  6. Merasa gelisah atau sulit tidur
  7. Hilang minat pada seks
  8. Depresi berat dapat menyebabkan pikiran bunuh diri dan pembunuhan.

Pada orang yang sedang mengalami depresi gejala ini akan berlangsung selama hingga 2 minggu atau lebih. Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

 

Faktor-faktor yang memicu seseorang menjadi depresi antara lain :

  1. Memiliki riwayat keluarga kelainan kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, gangguan makan, atau gangguan stres pascatrauma (PTSD)
  2. Penyalahgunaan alhohol atau obat terlarang
  3. Beberapa ciri kepribadian, seperti rendah diri, ketergantungan, kritis dengan diri sendiri atau pesimistik
  4. Penyakit kronis atau serius, seperti kanker, stroke, nyeri kronis, atau penyakit jantung
  5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti beberapa obat tekanan darah tinggi atau obat tidur (diskusikan dengan dokter Anda sebelum menghentikan obat)
  6. Kejadian traumatik atau yang dapat membuat stress, seperti kekerasan seksual, kematian, atau kehilangan orang yang dicintai atau masalah keuangan
  7. Memiliki hubungan darah dengan penderita depresi, gangguan bipolar, alkoholisme, atau percobaan bunuh diri

 

Cara Untuk Mencegah Terjadinya Depresi

Ada banyak cara untuk mencegah terjadinya depresi yang mengganggu hidup Anda. Depresi adalah suatu kondisi yang serius yang dapat dialami oleh jutaan orang di dunia. Depresi dapat menimbulkan masalah dalam setiap aspek kehidupan seseorang. Itulah mengapa kita memerlukan berbagai cara untuk mencegah terjadinya depresi :

1.Tidur Yang Cukup

Pola tidur yang buruk akan berefek terjadinya depresi. Tidur 8 jam sehari akan membantu Anda untuk menghindarkan Anda dari depresi.

2. Olahraga

Olahraga sangat efektif untuk mencegah terjadinya depresi. Olahraga akan merangsang pengeluaran endorfin. Endorfin akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan membantu melawan depresi. Olahraga juga akan membantu tubuh tetap sehat. Dalam keadaan sehat akan membantu seseorang mencegah terjadinya depresi.

3. Senyum

Dengan tersenyum akan membuat Anda menjadi lebih bahagia dapat membantu untuk melawan depresi.

4. Dukungan Dari Orang Terdekat

Dukungan dari orang-orang terdekat yang menyayangi Anda adalah kekuatan yang dapat membantu Anda melawan depresi, seperti keluarga, saudara dan teman-teman terdekat Anda.

5. Tertawa

Tertawa adalah salah satu hal yang efektif melawan depresi dan akan membuat Anda jauh lebih bahagia.

6. Bersenang-Senang

Untuk Anda yang sibuk jangan lupakan hal yang satu ini. Bersenang-senanglah, jalan-jalan dengan teman ataupun belanja bareng akan membantu Anda melawan depresi.

Itulah hal-hal yang dapat kalian pelajari tentang apa itu depresi dan pencegahannyam dan tetap selalu menjaga kualitas hubungan yang baik antar sesama. Salam Sehat.