Aktivitas Sehari-hari Yang Membuat Kaki Menjadi Kram

Aktivitas Sehari-hari Yang Membuat Kaki Menjadi Kram
Aktivitas Sehari-hari Yang Membuat Kaki Menjadi Kram

www.prioritasnews.com Aktivitas Sehari-hari Yang Membuat Kaki Menjadi Kram – Kram pada bagian kaki adalah bahwa otot-otot kaki Anda terasa nyeri dan menjadi sulit untuk digerakkan. Kram ini bisa terjadi karena beberapa hal dan menegangnya otot kaki ini perlu menjadi perhatian sebab hal ini dapat menjadi tanda bahwa Anda tengah mengalami penyakit serius.

Image result for kram

Aktivitas Sehari-hari Yang Membuat Kaki Menjadi Kram

Ada sejumlah penyebab kram yang bisa terjadi pada kaki kiri maupun kaki kanan atau justru keduanya, seperti berikut ini :

  • Saraf Mendapat Tekanan

Apabila bagian tulang belakang, khususnya saraf, terkena tekanan sehingga hal ini akan memicu kram di bagian kaki sehingga ketika Anda terus memakainya berjalan, kondisi kaki akan memburuk. Jika Anda mengalami keadaan seperti ini, nyeri dapat teringankan apabila Anda mencoba untuk berjalan dengan posisi tubuh agak maju dan membungkuk.

  • Kurangnya Asupan Mineral

Magnesium, kalsium dan kalium adalah serangkaian mineral yang Anda perlu penuhi untuk tubuh. Mineral adalah salah satu yang paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika tak terpenuhi atau kekurangan asupan jenis mineral tersebut, kaki kram adalah akibatnya.

  • Hamil

Kondisi kehamilan pun bisa menjadi pemicu terjadinya kram pada bagian kaki karena para ibu hamil kemungkinan besar mengalami kekurangan magnesium dan kalsium. Saat menjelang persalinan alias pada masa hamil tua, kram akan lebih sering muncul sehingga para ibu hamil wajib untuk memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi seimbang.

  • Tidak Memadainya Suplai Darah

Apabila kurang memadainya suplai darah terjadi, maka kram kaki akan dapat Anda alami, entah itu bagian kiri atau kanan terutama saat berolahraga. Ini dikarenakan aliran darah ke bagian kaki tidak lancar di mana pemicu utamanya adalah penyempitan arteri. Setelah Anda berhenti berolahraga, biasanya kram pun akan memudar sehingga ini artinya kram tidak akan terjadi secara terus-menerus.

  • Cedera

Otot yang Anda gunakan secara berlebihan tanpa memberikan waktu istirahat yang cukup maka akan membuatnya cedera. Saat cedera, otot kaki akan mudah kram dan menegang entah terlalu lama duduk, ketika tidur dengan posisi yang tak nyaman, atau bahkan selama berdiri di atas permukaan yang keras. Cedera juga merupakan salah satu efek dari bahaya olahraga yang berlebihan.

  • Efek Samping Obat Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa memicu berbagai kondisi berbahaya yang mungkin Anda tak menyangka sebelumnya. Kram juga bisa dipicu oleh konsumsi obat-obatan seperti steroid, statin, diuretik, obat antisikotik serta pil kontrasepsi di mana kram adalah efek sampingnya.

  • Dehidrasi

Kurang minum air putih sementara Anda terus bergerak aktif dan mengeluarkan keringat akan membuat tubuh mudah kehilangan cairan banyak. Kram adalah salah satu efek dari dehidrasi, maka sangat penting memberikan tubuh asupan cairan yang cukup.

  • Air Dingin

Kram pada kaki bisa juga dikarenakan terpapar air dingin. Mandi terlalu malam dengan menggunakan air dingin di mana suhu udara lebih dingin juga dapat mendukung munculnya kram. Sehabis kehujanan dan juga mandi air dingin bisa meningkatkan risiko kram kaki lebih tinggi.

  • Jarang Bergerak/Berolahraga

Gampang terkena kram juga bisa dikarenakan tubuh yang sangat jarang dibuat bergerak. Apabila Anda hampir tidak pernah berolahraga, otomatis otot-otot pun menjadi kaku dan bahkan bisa lebih mudah mengalami kontraksi sedikitnya Anda bergerak.

  • Hormon

Kaki yang kram juga bisa dipicu oleh adanya gangguan tingkat hormon yang didahului oleh terjadinya pembengkakan. Inilah yang kemudian memicu adanya saraf yang mengalami tekanan baru setelah itu menyebabkan asam laktat menumpuk serta oksigenasi memburuk dan kram pun sangat gampang terpicu.

  • Penuaan

Ketika usia seseorang bertambah dan semakin menua, otomatis akan berkuranglah massa otot pada tubuh sehingga tak heran bila akhirnya otot akan gampang tertekan dan menjadi lemah. Otot pun akhirnya lebih rentan mengalami kram di bagian kaki. Itulah mengapa sangat penting untuk memenuhi setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.