12 Khasiat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Minyak ikan berasal dari ikan berlemak, juga dikenal sebagai ikan berminyak, misalnya saja seperti ikan tuna, ikan sarden, dan ikan salmon. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat penting bagi kesehatan anda. Berikut artikel mengenai manfaat minyak ikan untuk kesehatan.

Minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstraksi dari jaringan ikan. Biasanya berasal dari ikan berminyak seperti ikan sarden, ikan tuna, ikan teri, ikan salmon, dan lain-lain. Namun kadang-kadang minyak ikan juga dihasilkan dari hati ikan lainnya, seperti halnya dengan minyak ikan kod.

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan agar mengkonsumsi 1-2 porsi ikan per minggu. Hal ini karena asam lemak omega-3 dalam ikan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu melindungi terhadap sejumlah penyakit.

Tapi jika anda tidak sempat makan 1-2 porsi ikan per minggu, suplemen minyak ikan dapat membantu anda memenuhi kebutuhan omega-3. Sekitar 30% dari minyak ikan terdiri dari omega-3, sedangkan sisanya 70% terdiri dari lemak lainnya. Juga, minyak ikan yang belum diproses mengandung beberapa vitamin A dan D.

 

MANFAAT MINYAK IKAN :

Berikut 12 manfaat minyak ikan bagi kesehatan :

1. KESEHATAN JANTUNG
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan banyak ikan memiliki tingkat jauh lebih rendah terkena risiko penyakit jantung. Ada sejumlah faktor risiko untuk penyakit jantung, dan salah satunya dalam mengurangi risiko tersebut yaitu dengan mengkonsumsi ikan atau minyak ikan.

 

2. MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen minyak ikan yang dikombinasikan dengan melakukan diet dan olahraga dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan. Namun, tidak semua studi menunjukkan hasil yang sama.

 

3. MEMBANTU MENGURANGI PERADANGAN
Minyak ikan memiliki sifat anti inflamasi dan dapat membantu mengobati penyakit yang berkaitan dengan peradangan kronis. Misalnya, pada orang yang sedang stres dan obesitas, minyak ikan dapat mengurangi produksi dan ekspresi gen molekul inflamasi yang disebut sitokin.

 

4. KESEHATAN KULIT
Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia, dan mengandung banyak asam lemak omega 3. Kesehatan kulit dapat menurun seiring pertumbuhan usia anda, terutama selama usia tua atau setelah terlalu banyak terkena paparan sinar matahari. Untungnya, ada sejumlah gangguan kulit yang dapat dicegah oleh manfaat suplemen minyak ikan, termasuk psoriasis dan dermatitis.

 

5. KESEHATAN BAGI IBU HAMIL
Manfaat minyak ikan untuk ibu hamil. Omega 3 sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mendapatkan asupan omega 3 yang cukup selama masa kehamilan dan menyusui. Konsumsi minyak ikan juga dapat meningkatkan pengembangan visual pada bayi dan membantu mengurangi risiko alergi.

 

6. MENINGKATKAN KESEHATAN TULANG
Kalsium dan vitamin D diketahui sangat penting untuk kesehatan tulang, tetapi beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 juga dapat bermanfaat. Orang yang memiliki asupan omega 3 yang cukup tinggi memungkinkan memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih baik. Namun, masih belum jelas apakah suplemen minyak ikan dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

 

7. MELINDUNGI DARI PENYAKIT ALZHEIMER
Ada suatu klaim yang menyatakan bahwa mengkonsumsi minyak ikan secara teratur dapat membantu mencegah penyakit alzheimer. Penelitian yang diterbitkan dalam Neurology pada tahun 2007 melaporkan bahwa diet tinggi ikan, minyak omega-3, buah buahan, dan sayur sayuran dapat mengurangi risiko penyakit demensia dan Alzheimer.

 

8. MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH
Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan mencegah terjadinya penyakit umum seperti pilek, batuk, dan flu. Asam lemak omega-3 yang hadir dalam minyak ikan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mempengaruhi aktivitas dan jumlah sitokin dan eikosanoid yang terdapat dalam tubuh kita.

 

9. MENGURANGI RISIKO ASMA DAN ALERGI
Menurut sebuah studi hasil gabungan dari sebelas studi lain yang melibatkan hampir 100.000 orang, menyatakan bahwa minyak ikan atau asupan omega-3 dapat mengurangi risiko asma pada anak-anak hingga 24-29%. Selanjutnya, suplementasi minyak ikan pada ibu hamil juga dapat mengurangi risiko alergi pada bayi.

 

10. MENCEGAH JERAWAT
Minyak ikan merupakan pengobatan yang efektif untuk mencegah jerawat. Eicosapentaenoic acid (EPA) diketahui dapat menghambat pembentukan androgen, yang dapat mempengaruhi pembentukan sebum di folikel rambut, yang mengarah ke masalah jerawat.

 

11. BAGI PENDERITA DIABETES
Penderita diabetes tipe II rentan terhadap penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis, dan stroke. Penelitian yang dilakukan di University of Oxford telah menunjukkan bahwa minyak ikan bermanfaat dalam menurunkan kadar trigliserida pada penderita diabetes.

 

12. PERAWATAN PADA RAMBUT
Minyak ikan dapat membantu menjaga kilau yang baik pada rambut, karena omega-3 memiliki sifat merangsang pertumbuhan, karena memberikan nutrisi pada folikel. Minyak ikan juga dapat membantu dalam meningkatkan pengembangan rambut dan mencegah rambut rontok.

 

Demikian hal yang dapat kami ringkas untuk seputar kesehatan manfaat minyak ikan bagi kesehatan. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang berburu tips-tips kesehatan yang menarik.