10 Manfaat Buah Rotan yang Belum Diketahui

Seperti yang kalian ketahui bahwa rotan berfungsi untuk furniture, selain itu rotan juga memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Buah ini banyak terdapat di Malaysia, India, Indonesia serta sebagian wilayah Asia Tenggara. Buah ini ternyata memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan antara lain sebagai berikut :

 

Image result for buah rotan

 

1. Mencegah Sariawan

Buah rotan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Mengingat kandungan ini, maka konsumsi buah rotan bisa mencegah sariawan. Vitamin C juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan. Disamping itu vitamin C juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah gusi berdarah. Buah rotan bisa ladies manfaatkan untuk menambah asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

2. Menjaga Fungsi Otot

Buah rotan juga mengandung zat besi, lho! Konsumsi satu mangkuk buah rotan bisa memenuhi 13% kebutuhan zat besi harian. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga fungsi otot. Zat besi menjadi unsur penting berupa mioglobin yang bekerja di otot. Mioglobin bertugas dalam mengangkut oksigen yang bersal dari hemoglobin, mioglobin selanjutnya berdifusi ke seluruh sel-sel otot. Kekurangan zat besi dapat berakibat pada kelemahan otot.

 

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah rotan mengandung kalsium yang baik bagi tulang dan gigi. Sedikitnya ada 26 mg kalsium dalam buah rotan. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Asupan kalsium yang cukup dapat menjaga kesehatan dan kekuatan gigi serta menjaga kepadatan tulang. Tulang kita selalu mengalami regenirasi maka kita akan selalu membutuhkan kalsium. Salah satunya kita bisa mendapatkan kalsium tersebut dari buah rotan.

 

4. Mencegah Anemia

Salah satu hal yang dapat menyebabkan anemia adalah kekurangan zat besi. Anda bisa mendapatkan asupan zat besi tersebut dari buah rotan. uah rotan mengandung sedikitnya 3 mg zat besi. Zat besi memiliki tugas utama dalam membentuk hemoglobin. Terutama wanita sangat membutuhkan hemoglobin karena kehilangan darah selama periode menstruasi. Dan dengan mengkonsumsi buah rotan akan membantu anda untuk mencegah penyakit anemia.

 

5. Sumber Energi

Buah rotan mengandung sejumlah tinggi kalori yang merupakan penghasil sumber energi untuk tubuh kita. Untuk sehari-hari kita membutuhkan asupan kalori untuk dapat beraktivitas. Organ tubuh juga membutuhkan kalori untuk dapat berfungsi dengan baik. Meski buah rotan memiliki ukuran yang kecil namun buah ini mampu menambah asupan kalori dan dapat menjadi sumber energi.

 

6. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C dalam buah rotan dapat difungsikan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas selalu mengintai kulit kita dan sangat sulit untuk dihindari. Padahal radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini pada sel termasuk juga kulit. Upaya paling gampang untuk mencegah penuaan dini adalah dengan memberikan antioksidan yang salah satunya terdapat dalam vitamin C. Dengan mengkonsumsi buah rotan tentu dapat membantu mencegah penuaan bagi kalian yang selalu melakukan perawatan untuk mencegah penuaan dini pada diri anda.

 

7. Meremajakan Kulit

Buah rotan juga memberikan 12% kebutuhan vitamin C harian pada tubuh kita. Vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas sekaligus memfasilitasi perbaikan kulit. Nutrisi dalam buah rotan dapat membantu meremajakan kulit. Nutrisi tersebut juga dapat berguna dalam memerangi kerusakan kulit yang diakibatkan polusi lingkungan dan paparan sinar matahari.

 

8. Menjaga Metabolisme Tubuh

Zat besi yang terkandung dalam buah rotan memiliki fungsi yang sangat banyak untuk tubuh. Disamping mencegah anemia dan menjaga fungsi otot, zat besi sangat penting dalam sistem enzim dan metabolisme energi. Nutrisi ini menjadi fasilitator dalam pengaturan suhu tubuh yang dapat mengoptimalkan metabolisme dan proses enzimatik. Tugas zat besi berkaitan dengan proses enzimatik untuk kinerja organ-organ tubuh.

 

9. Melembabkan Kulit

Vitamin C merupakan nutrisi penting dalam merawat kulit. Buah rotan mengandung vitamin C yang berguna untuk kulit. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kulit kering sekaligus melembabkan kulit. Vitamin C memiliki kemampuan dalam menahan air yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit. Vitamin C juga bisa menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tetap selalu lentur khususnya untuk para wanita.

 

10. Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin C dan nutrisi dalam buah rotan dapat menjaga kulit tetap halus serta lembut. Vitamin C juga dapat menjadikan kulit nampak bercahaya. Vitamin C dalam buah rotan juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mencerahkan dan memutihkan kulit. Konsumsi buah rotan dengan teratur bisa membantu ladies dalam merawat kulit agar tetap cantik serta sehat.

 

Itulah 10 manfaat buah rotan untuk kesehatan dan kecantikan, ladies. Buah rotan juga memiliki kandungan protein yang bagus untuk tubuh. Semoga bermanfaat!